PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Marlina, Anis (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ANIS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kurang tepatnya pendidk memilih dan memvariasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi hasil belajar siswa antara model pembelajaran ARIAS dan konvensioal ditinjau sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah terhadap hasiil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMKN 7 Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. yakni kelas eksperimen (X TKR 1) yang diterapkan model pembelajaran ARIAS dan kelas kontrol (X TKR2 ) yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mendapatkan data hasil belajar, sedangkan metode angket untuk mendapatkan informasi sikap ilmiah. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar ( F= 9,593, p= 0,003 < 0,05), (2) terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar ( F = 130,457, p = 0,000 < 0,05 ), (4) Tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran konvensional ( F = 0,190, p = 0,665 > 0,05 ). Kata kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:13
Last Modified: 28 Dec 2017 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item