PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FLUIDA STATIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

IKHWANUDIN, I (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FLUIDA STATIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FLUIDA STATIS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Oleh IKHWANUDIN Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash di kelas X MA AL-HIKMAH Bandar Lampung; 2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash di kelas X MA AL-HIKMAH Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA AL-HIKMAH Bandar Lampung dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli agama dan guru fisika SMA/MA untuk menguji kualitas media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash dan angket respon peserta didik untuk mengetahui ketertarikan/respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash; kualitas produk yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentasi 84,02 % berdasarkan penilaian ahli materi, 75,83 % oleh ahli media dalam kategori layak, 82 % oleh ahli agama dalam kategori sangat layak dan guru SMA/MA dengan persentase adalah 85,56% dalam kategori sangat layak; 2) Respon peserta didik kelas X pada media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash dengan persentase 85,08% di MA AL-HIKMAH Bandar Lampung. Kata kunci : Media Pembelajaran, Perspektif Al-Qur’an, Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item