IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ORGANISASI DEWAN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AZAR SERABI BARAT MODUNG BANGKALAN JAWA TIMUR

Hanafi, Ahmad (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ORGANISASI DEWAN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AZAR SERABI BARAT MODUNG BANGKALAN JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Reformasi pendidikan di tanah air mendorong sekolah/madrasah untuk lebih terbuka dalam proses pelayanan pendidikan. Pembudayaan pendidikan karakter merupakan cara dini dalam menyiapkan siswa mengantisipasi perubahan-perubahan tatanan kehidupan yang mulai mengarah kepada dekadensi moral. Berbicara soal karakter, maka perlu disimak apa yang ada dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 yang menyebutkan : Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Ketika pendidikan karakter dimaknai sebagai budaya yang berpengaruh di SD/MI, akan menjadikan kualitas kehidupan (the quality of life) dalam segi intelektualitas, moralitas, spiritualitas akan menanjak. Hal ini diberarti pembudayaan tata nilai, budaya dan agama yang di jadikan kebiasaan berlaku oleh seluruh warga sekolah/madrasah termasuk guru dan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Organisasi Dewan Anak di Mi Al-azhar Serabi Barat Modung Bangkalan Jawa Timur ?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Organisasi Dewan Anak di Mi Al-azhar Serabi Barat Modung Bangkalan Jawa Timur. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), data primer diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan data yang dilakukan melalui Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Karakter Melalui Organisasi Dewa Anak di Mi Al-azhar Serabi Barat Modung Bangkalan Jawa Timur bahwasannya pelaksanaan pendidikan karakter yang dijalankan ole MI Al- Azhar memberikan dampak positif bagi perkembangan karakter peserta didik hal ini dapat dilihat dari berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh sekolah bagi peserta didiknya seperti kegiatan-kegiatan dihari besar Agama Islam. Pendidikan Karakter melalui organisasi dewan anak pada MI Al-Azhar semakin berkembang dengan dipenuhinya sarana dan prasarana yang mendukung segala macam jenis kegiatan di sekolah baik dari segi olah hati, olah fikir, olah raga dan olah rasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:13
Last Modified: 11 Dec 2017 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item