STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMBINAAN BUDAYA ORGANISASI PELAJAR DI KECAMATAN CANDIPURO

MUHAMMAD, RIDHO ATHOILLAH (2023) STRATEGI KOMUNIKASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMBINAAN BUDAYA ORGANISASI PELAJAR DI KECAMATAN CANDIPURO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of RIDHO CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eksistensi nlai-nilai keagamaan yang semakin rendah, terutama pada generasi muda. Seperti yang kita ketahui, bangsa kita belakangan ini menunjukkan gejala kemerosotan moral yang amat parah. Mulai dari kasus narkoba, kasus korupsi, kemudian pergaulan bebas dikalangan remaja, pelajar bahkan mahasiswa, serta maraknya kekerasan atau kerusuhan dan juga tindakan anarkis yang dilakukan oleh pemuda dan pelajar. Dengan demikian bisa terjadinya hal-hal tersebut tentu saja didasari oleh faktor lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak serta kurangnya komunikasi orang tua dengan anak. Dengan adanya organisasi masyarakat seperti IPNU yang bergerak dibidang pelajar dan remaja bahkan masyarakat tentu saja diharapkan dapat membantu para orang tua dalam mendidik anak agar menjadi insan dengan berkepribadian yang baik. Melihat kondisi bangsa yang seperti ini tentu saja peran IPNU sangatlah dibutuhkan. Dengan menerapkan strategi komunikasi yang diharapkan dapat mencapai tujuan bersama menjadikan pelajar dan remaja menjadi pribadi yang baik sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti layaknya seorang remaja dan pelajar melalui budaya-budaya organisasi yang ada pada organisasi IPNU. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana strategi komunikasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dalam pembinaan budaya organisasi pelajar di Kecamatan Candipuro?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi IPNU dalam pembinaan budaya organisasi pelajar di Kecamatan Candipuro. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer yang berupa wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data sekunder melalui kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi IPNU dalam pembinan budaya organisasi pelajar di Kecamatan Candipuro yaitu menjalin kerjasama dan interaksi dengan para kader anggota. Kemudian menerapkan strategi komunikasi berupa komunikasi persuasif, komunikasi interpersonal, komunikasi dua arah, komunikasi audio visual, dan komunikasi eksternal sebagai sarana dalam melakukan pembinaan budaya organisasi pelajar. Kemudian membangun kerjasama dengan pihak luar organisasi seperti sekolah dan pondok pesantren dalam hal sosialisasi memperkenalkan IPNU kepada pelajar yang belum mengenal tentang IPNU beserta budaya yang ada di IPNU. Selanjutnya membangun koordinasi dan kerjasama dengan sesama anggota kader IPNU dalam rangka memberikan pembinaan-pembinaan terhadap pelajar yang sudah tergabung dalam organisasi melalui kegiatan-kegiatan yang ada di organisasi IPNU maupun di luar organisasi IPNU. Kemudian pada pembinaan budaya organisasi IPNU terhadap pelajar di Kecamatan Candipuro dilakuakan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah dibentuk dan tersusun sebaik-baiknya dengan tujuan yang jelas. Selain itu juga pembinaan budaya organisasi IPNU dilakukan secara langsung dalam hal kegiatan keagamaan yang ada di Kecamatan Candipuro seperti halnya berpartisipasi dalam acara yasinan, khoul, sholawat, peringatan maulid, ikut serta dalam hari raya Qurban, dan juga berpartisipasi dalam rangka membantu masyarakat dalam acara tahlilan. Kata kunci: Strategi Komunikasi, IPNU, Budaya Organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:31
Last Modified: 09 Mar 2023 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23551

Actions (login required)

View Item View Item