PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA BUKU SAKU BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS

Eka Damayanti, Almira (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA BUKU SAKU BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKripsi_Full_Almira.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui cara pengembangan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis, dengan rumusan masalah; 1) bagaimanakah cara mengembangkan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis?; 2) apakah media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis layak digunakan dalam pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model dari Borg & Gall yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiono. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Huda Jatiagung, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dan SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket respon pendidik dan peserta didik, angket validasi ahli materi dan ahli media. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah; telah dikembangkan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis; kualitas media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis android pada materi fluida statis berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan penilaian persentase rata-rata 79,85% dalam kategori layak, penilaian ahli media mendapatkan penilaian persentase ratarata 87,96 % dalam kategori sangat layak dan penilaian guru SMA/SMK mendapatkan penilaian persentase rata-rata sebesar 87,77% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik ketiga sekolah tersebut memperoleh nilai presentase rata-rata sebesar 83,92% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, pendidik dan respon peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa buku saku fisika berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:49
Last Modified: 17 Nov 2017 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item