TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BIBIT AYAM DI PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK (Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Poultry Breeding Division, Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung)

WICHA, DWI ARINDA PUTRI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BIBIT AYAM DI PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK (Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Poultry Breeding Division, Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan bagian dari saling tolong menolong, bagi pembeli menolong penjual yang membutuhkan uang (keuntungan), sedangkan bagi penjual juga berati menolong pembeli yang sedang membutuhkan barang. Seperti yang dilakukan antara perusahaan dengan peternak berdasarkan azas saling membutuhkan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan. Islam memperbolehkan berserikat dalam usaha diantaranya hubungan jual beli antara perusahaan dengan peternak, praktik jual beli bibit ayam yang dilakukan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk dengan peternak menggunakan jual beli pesanan, dengan sistem pembayaran tunai pada saat diawal akad. Dalam jual beli ini, perusahaan menyediakan 2 jenis bibit ayam serta grade, selanjutnya peternak memesan bibit ayam seusai dengan jumlah yang diinginkan kemudian bibit ayam akan diserahkan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati antara perusahaan dengan peternak. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana praktik jual beli bibit ayam yang dilakukan oleh PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Poultry Breeding Division dengan peternak ayam, 2.Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktik jual beli bibit ayam yang dilakukan oleh PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Poultry Breeding Division dengan peternak ayam. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Data primer diperoleh langsung dari sumbernya yaitu penjual dan peternak melalui observasi, wawancara dan dilengkapi oleh data sekunder. Analisa dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli bibit ayam yang dilakukan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Poultry Breeding Division, Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung dengan peternak menggunakan akad salam. Dalam pelaksanaannya terdapat ketidaksesuaian jumlah bibit ayam yang datang dengan jumlah bibit ayam yang dipesan pada awal akad. Islam memberikan tuntunan lengkap tentang melakukan jual beli agar tidak ada yang merasa dirugikan antara penjual dan pembeli. Jual beli yang baik adalah yang didalamnya terdapat kejujuran, kebenaran, dan dalam transaksi mu’amalah tentunya ada rukun dan syarat yang harus dipenuhi yang berpengaruh dengan sah atau tidaknya suatu transaksi. Apabila terdapat unsur dan syarat yang tidak sesuai dalam transaksi muamalah, maka jual beli bibit ayam yang terjadi batal hukumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:50
Last Modified: 24 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22838

Actions (login required)

View Item View Item