UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI BERBASIS LIFE SKILL DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR

HANIFAH, SAMARA (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI BERBASIS LIFE SKILL DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI HANIFAH SAMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya guru adalah usaha yang dilakukan oleh pendidik profesional untuk mendidik, mengajar, membimbing peserta didik pada jalur pendidikan formal. Dalam penelitian ini berkaitan dengan meningkatkan kemandirian anak berbasis life skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini pada indikator kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi dan mengendalikan emosi berbasis life skills. Penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini, dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Subjek penelitian ini yaitu Guru Kelompok B3 dan anak di Kelompok B3 TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Sedangkan objek penelitian ini yaitu upaya dari guru untuk meningkatkan kemandirian anak berbasis life skill. Sumber data penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini berbasis life skill sudah sesuai dengan indikator yang ada. Indikator tersebut terdiri dari, guru mendorong anak agar mau melakukan sendiri kegiatan sehari�hari, guru memberikan kesempatan untuk anak mengambil keputusan sendiri, guru membiarkan anak mengerjakan tugas sendiri walaupun masih ada yang salah, guru mendorong anak untuk mengungkapkan perasaan dan idenya, guru melatih anak untuk bersosialisasi, dan guru memberikan anak tanggung jawab untuk disiplin. Anak di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur juga sudah mengalami peningkatan kemandirian. Anak-anak sudah bisa memakai dan melepaskan sepatunya sendiri, merapikan alat tulis da bahan pembelajaran setelah selesai digunakan, berbagi makanan dengan teman dan guru, dan lain�lain. Meskipun sudah banyak anak yang mengalami peningkatan kemandirian masih ada juga anak yang masih perlu bimbingan lebih dari guru kelasnya. Orang tua juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kemandirian anak usia dini ini. Kata kunci: Upaya Guru, Kemandirian, Life Skill iii ABSTRACT Teacher efforts are efforts made by professional educators to educate, teach, guide students on the path of formal education. In this study, it is related to increase the independence of children based on life skills. This study has aimed to determine the teacher's efforts in increasing the independence of early childhood on indicators of physical ability, self-confidence, responsibility, discipline, sociability, sharing and controlling emotions based on life skills. This research used a qualitative research approach with a descriptive approach, was carried out at the Qurrota A'yun Kindergarten, Teluk Betung Timur. The subjects of this study were the teachers of Group B3 and children in Group B3 of TK Qurrota A'yun Teluk Betung Timur. While the object of this research is the efforts of the teacher to increase the independence of children based on life skills. Sources of research data obtained from interview techniques, observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. While the data validity technique uses triangulation techniques. Based on the results of the study, the efforts made by teachers in increasing the independence of early childhood based on life skills are in accordance with existing indicators. The indicators consist of, the teacher encourages children to want to do their own daily activities, the teacher provides opportunities for children to make their own decisions, the teacher lets the children do their own work even though something is wrong, the teacher encourages the children to express their feelings and ideas, the teacher trains the children. to socialize, and teachers give children responsibility for discipline. Children at Qurrota A'yun Kindergarten Teluk Betung Timur have also experienced increased independence. Children are able to put on and take off their own shoes, tidy up stationery and learning materials after use, share food with friends and teachers, and so on. Even though many children have experienced increased independence, there are still children who still need more guidance from their class teacher. Parents are also an important factor in increasing the independence of early childhood. Keywords: Teacher's Effort, Independence, Life skill

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:54
Last Modified: 04 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22498

Actions (login required)

View Item View Item