PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

M. Abu, Rizal (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M .ABU RIZAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di abad 21 saat ini, generasi muda dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman, baik dalam segi teknologi, sosial maupun budaya. Bagi generasi muda tidak memiliki keterampilan akan sangat mudah tergerus oleh perkembangan teknologi, sehingga dapat merugikan dirinya sendiri dan orang sekitarnya. Keterampilan yang harus dibutuhkan yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan argumentasi ilmiah. Namun pada kenyatannya, banyak dari mereka yang kurang memperhatikan keterampilan yang dibutuhkan tersebut. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah dengan menjalankan model pembelajaran problem based learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar PAI di SMP N 11 Bandar Lampung. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar PAI di SMP N 11 Bandar Lampung. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen, dan 32 siswa kelas kontrol. Dilihat dari jumlah siswa pada kelas eksperimen terdiri dari laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa, sedangkan pada kelaskontrol laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan 22 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Instrumen tes dalam penelitian ini berbentuk tes essay. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Didasarkan pada hasil penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji�t pada taraf signifikan α = 0,05. Diperoleh nilai t hitung 20,117 dan nilai t tabel 2,04227, karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima. Oleh karena itu berdasarkan perhitungan statistik hasil belajar pembelajaran problem based learning Audio Visual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Kemudian berdasarkan hasil uji beda rata-rata diperoleh hasil yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen atau dengan kata lain penerapan pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2 ) dapat dikatakan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Audio Visual) terhadap variabel dependen (hasil belajar siswa) sebesar 93,1% sedangkan sisanya sebesar 6,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Kata Kunci : Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar iv ABSTRACT In today's 21st century, the younger generation is required to be able to keep up with the times, both in terms of technology, social and culture. For the younger generation who do not have skills, they will be very easily eroded by technological developments, so that they can harm themselves and those around them. The skills that must be needed are critical thinking skills, problem solving skills and scientific argumentation skills. But in fact, many of them pay little attention to the skills needed. So that one of the efforts that can be done to improve this situation is to run a problem-based learning model. Therefore, this study aims to determine whether there is an effect of Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by audio-visual media on PAI learning outcomes at SMP N 11 Bandar Lampung. The research hypothesis proposed is that there is an effect of Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by audio-visual media on PAI learning outcomes at SMP N 11 Bandar Lampung. The research that the author is doing is a Quasy Experimental Design research. The population in this study was class VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung totaling 64 students, consisting of 32 students in the experimental class, and 32 students in the control class. Judging from the number of students in the experimental class consisting of 14 male students and 18 female students, while in the control class there were 10 male students and 22 female students The data collection tool in this study used a test instrument. The test instrument in this study was in the form of an essay test. This instrument is used to determine student learning outcomes at SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Based on the results of research on hypothesis testing using t-test at a significant level = 0.05. The t-count value is 20.117 and the t-table value is 2.04227, because t-count > t�table, the hypothesis is accepted. Therefore, based on statistical calculations of learning outcomes of problem based learning Audio Visual, partially positive and significant effect on student learning outcomes at SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Then based on the results of the average difference test, significant results were obtained between the learning outcomes of the control class students and the experimental class students' learning outcomes or in other words the application of problem based learning assisted by audio-visual media had a significant effect on improving student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects. at SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Based on the value of the coefficient of determination (R2), it can be said that the contribution of the influence of the independent variable (Problem Based Learning learning model assisted by Audio Visual) on the dependent variable (student learning outcomes) is 93.1% while the remaining 6.9% is influenced or explained by other factors. which are not included in this model. Keywords: Problem Based Learning, Audio Visual, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:00
Last Modified: 05 Dec 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item View Item