PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING- CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Transfer pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung)

Kartina, Yesilia (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING- CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Transfer pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Reading-Concept Map- Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Remap-TPS memberikan pengalaman belajar yang positif antar anggota kelompok, mengembangkan tanggung jawab individual dan keterampilan bekerja sama dengan anggota kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan disain Nonequivalent Control Group Design. Populasi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Mathla‟ul Anwar Landbaw. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 butir pada materi gerak benda dan mahluk hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah dianalis dengan Uji-t diperoleh thitung > ttabel(0,05) yaitu 2,09 > 1,672. Hal itu menunjukan bahwa model pembelajaran Remap-TPS berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:02
Last Modified: 27 Nov 2018 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item