PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MUSTIKA RATU PADA TOKO SALSABILA KOSMETIK DI BUKIT KEMUNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

Eva, Apriliyanti (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MUSTIKA RATU PADA TOKO SALSABILA KOSMETIK DI BUKIT KEMUNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Eva Apriliyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya gaya hidup seseorang pada dasarnya secara tidak langsung akan menciptakan sebuah tren. Salah satu hal yang mampu menunjang gaya hidup seseorang adalah penampilan dan juga penggunaan kosmetik. Bahkan belakangan ini kosmetik seakan-akan dianggap sebagai sebuah “kebutuhan dasar” untuk menunjang penampilan mereka yang mana dapat terlihat pada meningkatnya daya beli masyarakat terhadap berbagai macam produk kosmetik yang dikeluarkan oleh perusahaan kecantikan. Salah satu perusahaan kecantikan yang juga mengeluarkan produk kosmetik dan mampu menarik minat konsumen adalah PT. Mustika Ratu Tbk. Perusahaan kecantikan yang sudah berdiri sejak 14 Maret 1978 ini merupakan salah satu perusahaan kecantikan ternama yang ada di Indonesia, dimana produk yang ditawarkan juga memiliki berbagai macam variasi, mulai dari skincare, bodycare, sampai dengan haircare. Hal ini menandakan bahwa PT. Mustika Ratu Tbk setidaknya selalu melakukan inovasi untuk menjaga eksistensinya. Inovasi yang dilakukan oleh PT. Mustika Ratu Tbk ini setidaknya dapat terlihat pada meningkatnya persentase penjualan produk mereka sebanyak 7,3% dalam jangka 5 tahun terakhir sejak 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana pengaruh variabel X1, X2, X3 terhadap variabel Y dalam Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu pada Toko Salsabila Kosmetik di Bukit Kemuning dalam Perspektif Bisnis Islam jika diuji secara parsial dan juga simultan. Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari ketiga variabel X terhadap variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian manajemen dengan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang juga merupakan penduduk di wilayah Bukit Kemuning sebanyak 9.074 jiwa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik non probability sampling dan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Peneliti juga menggunakan uji F dan uji t untuk iv mengetahui pengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen, baik itu secara parsial ataupun simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jika diuji secara simultan, seluruh variabel X baik itu kualitas produk, citra merek, maupun harga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Mustika Ratu di Toko Kosmetik Salsabila Bukit Kemuning. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F sebesar 58,921 (Fhitung) > 2,698 (Ftabel) dan nilai signifikan yang <0,005. Tetapi jika diuji secara parsial, hanya variabel kualitas produk dan harga saja yang memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji thitung yang dihasilkan adalah 4,517 dan 3,849 yang mana lebih besar dari ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikan keduanya <0,05. Sedangkan variabel citra merek justru tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jika diuji secara parsial, kesimpulan ini diperoleh sesuai dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung citra merek yang dihasilkan hanya sebesar 0,385 atau lebih kecil dari ttabel yang telah ditetapkan sebesar 1,985 dengan nilai signifikan yang jauh lebih besar dari 0,05 yaitu 0,701. Selain itu, jika dilihat dari sudut pandang bisnis Islam, pengaruh antara kualitas produk, citra merek, dan juga harga terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Mustika Ratu di Toko Kosmetik Salsabila Bukit Kemuning dapat dikatakan cukup sesuai dengan sifat-sifat yang ada dalam prinsip-prinsip Bisnis Islam menurut Abdul Manan dalam melakukan sebuah usaha, yaitu tauhid, khalifah, dan „adl yang mana tercermin pada pelaksanaannya yang sudah cukup sesuai dengan anjuran ekonomi Islam. Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian, Mustika Ratu, Toko Salsabila, Bukit Kemuning. v ABSTRACT The development of a person's lifestyle indirectly creates a trend, where it seems as if looking beautiful, prime, and beautiful is a must and also a demand at all times for everyone. One of the things that can support one's appearance is cosmetics. Lately, it seems that cosmetics are even considered as "basic needs" to support their appearance, this can be seen from the increasing purchasing power of the people towards various cosmetic products issued by beauty companies. One of the beauty companies that also produces cosmetic products and is able to attract consumer interest is PT. Mustika Ratu Tbk. This beauty company that has been established since March 14, 1978 is one of the leading beauty companies in Indonesia, where the products offered also have various variations, ranging from skincare, bodycare, to haircare. This indicates that PT. Mustika Ratu Tbk always innovates to continue to maintain its existence. This can be proven by the increase in sales of Mustika Ratu products by 7.3% in the last 5 years. The formulation of the problem in this study includes how the influence of product quality, brand image, and price on purchasing decisions of Mustika Ratu Cosmetics at the Salsabila Cosmetics Shop in Bukit Kemuning in an Islamic Business Perspective if tested partially and simultaneously. Is there a positive and significant influence between the three independent variables on the dependent variable. In addition, the formulation of the problem in this study also includes how the influence of the three independent variables on the dependent variable if viewed from the perspective of Islamic Economics. This research is a management research with a quantitative approach method. This type of research is descriptive. The population in this study are all consumers who are also residents of the Bukit Kemuning area as many as 9,074 people. The sample in this study was taken using a non-probability sampling technique and the Slovin formula, so that the number of samples used was 100 respondents. The researcher also uses the F test and t test to determine the effect of vi the two independent variables on the dependent variable, either partially or simultaneously. The results of this study indicate that if tested simultaneously, all X variables, both product quality, brand image, and price have a considerable influence on consumer purchasing decisions in buying Mustika Ratu products at the Salsabila Bukit Kemuning Cosmetics Shop. This is evidenced by the results of the F test of 58.921 (Fcount) > 2.698 (Ftable) and a significant value of <0.005. However, if tested partially, only product quality and price variables have a positive influence on purchasing decisions with the resulting t-test values of 4.517 and 3.849, which is greater than t-table of 1.985 with a significant value of both <0.05. While the brand image variable does not have a positive and significant effect on purchasing decisions if tested partially, this conclusion is obtained in accordance with the results of the t test which shows that the tcount value of the brand image produced is only 0.385 or smaller than the predetermined ttable of 1.985 with a value of 1.985. significantly greater than 0.05, namely 0.701. In addition, if viewed from the point of view of Islamic economics, the influence of product quality, brand image, and also price on consumer purchasing decisions in buying Mustika Ratu products at the Salsabila Bukit Kemuning Cosmetics Shop can be said to be quite in accordance with the characteristics contained in the principles of Business. Islam according to Abdul Manan in doing a business, namely monotheism, caliphate, and 'adl. This is reflected in the implementation of businesses that have been running with the recommendations of Islamic Business. Keywords: Product Quality, Brand Image, Price, Purchase Decision, Mustika Ratu, Salsabila Shop, Bukit Kemuning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:20
Last Modified: 10 Nov 2022 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21681

Actions (login required)

View Item View Item