ANALISIS PENERAPAN STRATEGI UP SELLING DAN CROSS SELLING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI PADA PUTRA BARU SWALAYAN KORPRI BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

YULIA, TRI LESTARI (2022) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI UP SELLING DAN CROSS SELLING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI PADA PUTRA BARU SWALAYAN KORPRI BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA TRI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya jenis usaha yang berkembang dibidang ritel menuntut bisnis yang berjalan pada sektor tersebut memilih strategi yang relevan untuk bisa digunakan sebagai alat bersaing dengan kompetitor, utamanya bisnis ritel yang berorientasi pada produk sehingga dibutuhkan inovasi strategi yang kreatif dan dapat memberikan benefit kepada pelanggan maupun pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Up selling Dan Cross selling Dalam Meningkatan Loyalitas Pelanggan Studi Pada Putra Baru Swalayan Korpri Bandar Lampung Dalam Perspektif Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan field research serta teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Sumber data yang ada didalam penelitian ini berasal dari sumber data primer yang diperoleh langsung dari narasumber yaitu owner, supervisor dan juga pelanggan PB Swalayan Korpri Bandar Lampung. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan buku dan jurnal penelitian terdahulu yang relevan dengan judul dan juga teori yang digunakan. Hasil dari penelitian menunjuk adanya penerapan strategi up selling dan cross selling berpengaruh signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan jika dianalisis dari segi hasil wawancara langsung dengan yang bahkan angka rata-rata pernyataan yang mendukung indikator loyalitas pelanggan mencapai 95% dari total 10 orang narasumber yang berarti tingkat loyalitas pelanggan sangat tinggi terhadap PB Swalayan Korpri, tetapi berdasarkan pemaparan owner strategi up selling dan cross selling ini dirasa kurang relevan untuk diterapkan pada bisnis dengan sektor ritel karena dirasa konsumen akan kurang berminat. Strategi yang diterapkan dalam toko ritel PB Swalayan juga menerapkan prinsip dan nilai-nilai bisnis islam secara umum karena adanya rasa tanggung jawab dan kesadaran sebagai umat muslim sehingga dalam praktiknya tetap menggunakan syariat islam. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Up selling, Cross selling, Loyalitas Pelanggan. iii ABSTRACT The increasing types of businesses that develop in the retail sector require businesses running in the sector to choose relevant strategies to be used as a tool to compete with competitors, especially product-oriented retail businesses so that creative strategic innovations are needed and can provide benefits to Customers and business people. This study aims to find out how the implementation of up selling and cross selling strategies in increasing Customer loyalty studies at the Putra Baru Supermarket Korpri Bandar Lampung in an Islamic business perspective. This study uses qualitative methods, with field research and data collection techniques in the form of observation and interviews. The source of the data in this study comes from primary data sources obtained directly from the resource persons, namely the owner, supervisor and also Customers of PB Supermarket Korpri Bandar Lampung. As for the secondary data obtained from literature studies of previous research books and journals that are relevant to the title and also the theory used. The results of the study indicate that the implementation of up selling and cross selling strategies has a significant effect on the level of Customer loyalty when analyzed in terms of the results of direct interviews with which even the average number of statements that support the Customer loyalty indicator reaches 95% of the total 10 informants, which means the level of loyalty Customers are very high on PB Swalayan Korpri, but based on the owner's explanation, this up selling and cross selling strategy is deemed less relevant to be applied to businesses with the retail sector because consumers feel they will be less interested. The strategy applied in the PB Swalayan retail store also applies Islamic business principles and values in general because of the sense of responsibility and awareness as Muslims so that in practice they continue to use Islamic law. Keywords: Strategic Marketing, Up selling, Cross selling, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:50
Last Modified: 14 Oct 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item View Item