PENGEMBANGAN E-MODUL LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI

Dede, Saepuloh (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajran e-modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika kelas XI yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul, mengetahui kelayakan e-modul dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan . Jenis penelitian adalah Research and Devlopment (R&D) penelitian ini mengacu kepada prosedur model ADDIE. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa pengembangan e�modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika penilaian dari ahli materi dan ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase validasi ahli materi 87%, dan ahli media sebesar 87,6%. Adapun angket yang diberikan respon pendidik dan peserta terhadap e�modul yang dikembangkan persentase respon pendidi sebesar 94%, uji coba kelompok kecil memperoleh sebesar 93% dan uji coba lapangan memperoleh nilai sebesar 90,4%. Hal ini menunjukan e�modul laboratorium virtual (virtual laboratory) berbasis android pada materi termodinamika kelas XI yang telah dikembangkan sangat layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Berbasis Android, E-modul, Laboratorium Virtual iii ABSTRACT This study aims to develop an android-based virtual laboratory e-module learning media in class XI thermodynamics material which aims to determine the process of developing e�modules, determine the feasibility of e-modules and determine the response of educators and students to the e-modules. developed . The type of research is Research and Development (R&D). This research refers to the ADDIE model procedure. The results of the research conducted that the development of an android-based virtual laboratory e-module on thermodynamic materials assessed by material experts and media experts obtained a very feasible category with a validation percentage of material experts 87% and media experts 87.6%. As for the questionnaire that was given the response of educators and participants to the developed e-module, the percentage of educator response was 94%, the small group trial was 93% and the field trial scored 90.4%. This shows that the android-based virtual laboratory e�module on class XI thermodynamics material that has been developed is very feasible and interesting to use as a learning medium. Keywords: Android Based, E-module, Virtual Laboratory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:34
Last Modified: 14 Oct 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21313

Actions (login required)

View Item View Item