PENGARUH POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA TERHADAP GAYA HIDUP NELAYAN DI DESA PASAR MADANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus)

WAHYUDI, AZMI (2022) PENGARUH POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA TERHADAP GAYA HIDUP NELAYAN DI DESA PASAR MADANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of WAHYUDI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Banyaknya masyarakat yang berperilaku konsumtif dan tidak lagi memperhatikan kebutuhan yang seharusnya di dahulukan. Dan semakin tinggi pendapatan yang diterima seseorang maka semakin besar pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi namun seseorang yang memiliki pendapatan rendah memiliki gaya hidup yang cenderung konsumtif dan pola konsumsi yang berubah dari pemenuhan kebutuhan sekunder ke primer. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi masyarakat mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana faktor pola konsumsi dan gaya hidup, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap gaya hidup masyarakat di desa pasar madang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola konsumsi rumah tangga terhadap gaya hidup nelayan di desa pasar madang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pola konsumsi rumah tangga terhadap gaya hidup nelayan. Dengan menggunakan data kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang menggunakan skala likert. Teknik sampling yang digunakan yaitu Accidental sampling terhadap 50 responden yang didapatkan melalui rumus slovin. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji R2 dan uji t. Dari hasil penelitian terdapat Pengaruh positif signifikan antara pola konsumsi rumah tangga dan gaya hidup nelayan, dimana nilai tstatistic > ttabel yaitu 7.881 > 1.96 yang berarti t hitung lebih besar dari t-tabel. begitu juga nilai P-value > P-tabel yaitu 0.000 > 0.05. Penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh (Hasnira) Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat konsumsi masyarakat. Dengan demikian semakin tinggi tingkat gaya hidup seseorang maka tingkat konsumsi juga akan meningkat. Pola Konsumsi tidak berpengaruh terhadap gaya hidup nelayan karena sebagian besar masyarakat mementingkan gaya hidup tanpa memikirkan pola konsumsi dalam rumah tangga. Kata kunci : Pola Konsumsi rumah tangga dan Gaya Hidup nelayan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:38
Last Modified: 03 Oct 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21134

Actions (login required)

View Item View Item