Supervisi Pengawasan dan Kepala Madrash dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus

Agustina, Eti (2017) Supervisi Pengawasan dan Kepala Madrash dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (846kB) | Preview
[thumbnail of Instrumen_Penelitian.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kenyataan bahwa masalah kualitas guru masih sangat membutuhkan perhatian, karena kualitas guru sangat mempengaruhi kinerja profesional mereka yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap kualitas pendidikan. Selanjtnya bahwa hal yang mempengaruhi kinerja guru antara lain adalah supervisi pengawas madrasah dan kepala madrasah. Melalui pengawasan yang dilakukan tersebut diharapkan kinerja guru akan lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan kegiatan supervisi yang dilakukan Pengawas dan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Tanggamus? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi yang dilakukan Pengawas dan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, dan Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI. Instrumen yang dipakai untuk menggali data bersumber dari (1) observasi atau pengamatan, (2)wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Kesimpulan yang dihasilkan dari tesis ini adalah bahwa supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas dan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru mampu memberikan kontribusi lebih dalam memaksimalkan kegiatan kesupervisian. Kepala madrasah secara terbuka dapat bekerjasama dengan pengawas sehingga lebih mampu melaksanakan perannya dalam menggerakkan, mengkoordinasikan, dan memberikan pengaruh positif terhadap guru mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga pada tahap lanjut dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:29
Last Modified: 03 Mar 2017 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item