ANALISIS KRITIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM PARADIGMA BARU

Reftiani, Dwi Vitari (2022) ANALISIS KRITIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM PARADIGMA BARU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of REFTIANI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abad ke-21 merupakan abad di mana perkembangan di segala bidang berjalan dengan sangat cepat. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu: (1) kemampuan berpikir kritis dan kreatif, (2) kemampuan berkomunikasi secara efektif, (3) kemampuan melakukan inovasi, (4) kemampuan menemukan solusi dari sebuah masalah, dan (5) kemampuan melakukan kolaborasi. Paradigma Pendidikan Baru menikmati pencapaian profil siswa Pancasila dalam kerangka pendidikan dan kompetensi sepanjang hayat melalui enam karakteristik utama yang merupakan karakteristik utama: kepercayaan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, keragaman global, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis dan kreativitas. Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Kurikulum adalah sebuah instrumen yang amat strategis guna mengembangkan kualitas sumber daya manusia, baik dalam hal jangka pendek maupun dalam jangka panjang yang dilakukan disetiap kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran jabaran kompetisi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Kurikulum, Paradigma Pendidikan, Pembelajaran Abad 21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:30
Last Modified: 24 Aug 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item