PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

SITI, FATMAWATI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS  1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah upaya mewujudkan pembelajaran mandiri bagi peserta didik melalui Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Mengetahui kelayakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi menurut parah ahli validator. Mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap kemenarikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Penelitian yang di gunakan merupakan Research and Development/R&D dengan model Borg & Gall (Potensi dan Masalah, Mengumpulkan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk). Produk ini di gunakan sebagai bahan ajar guna mempermudah pada proses pembelajaran bagi peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan berupa angket yang di berikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kriteria media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukan penilaian kelayakan oleh validasi ahli materi dengan presentase 83,3% dan ahli media 81%. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kemenarikan LKPD berbasis problem based learning sebagai media pembelajaran, dengan persentase respon pendidik 87,8%, uji kelompok kecil 88,7%, dan uji lapangan 88,6%. Ini menunjukan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) yang di hasilan pada penelitian ini sangat layak di gunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:01
Last Modified: 19 Aug 2022 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20591

Actions (login required)

View Item View Item