IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Diana, Nafisa Sabila Haq (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembeajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam hal ini, Mutu pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang sudah direncanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan juga merancang apa yang akan diajarkan kepada peserta didik nantinya, agar mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan. karena dalam pendidikan atau mendidik tidak hanya sebatas mentransfer ilmu saja, namun ada nilai-nilai luhur yang harus disampaikan kepada peserta didik melalui proses pendidikan, melalui proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas menggunakan strategi belajar mengajar tertentu. Mutu pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah pada dasarnya mendukung pelaksanaan pembelajaran yang ada di sekolah. Agar manajemen mutu pembelajaran dapat berhasil maka memerlukan suatu konsep, perencanaan dan organisasi yang dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. Diperlukan adanya program-program yang nyata, terencana dan dievaluasi untuk menghantar proses pembelajaran sampai pada tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati Implementasi Manajemen Mutu di SMA YP Unila Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum guru-guru dan siswa di SMA YP Unila Bandar Lampung. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen sekolah . Uji keabasahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Kepala sekolah Menerapkan Standar pendidik dan tenaga kependidikan dalam mencari kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik ataupun mental serta pendidikan dalam jabatan.; SMA YP Unila Bandar Lampung memiliki standar kurikulum sesuai acuan pemerintah, Pada Proses pembelajaran yang ada di sekolah tersebut mengacu pada K13 yang sudah ditentukan oleh Pemerintah; Mengingat Pentingnya sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan pendidikan di sekolah, karena sebagai jalan untuk menjembatani terselenggaranya proses belajar mengajar disekolah; SMA YP Unila Bandar Lampung memiliki Proses belajar yang sudah dipersiapkan dengan matang, kemudian perencanaan pembelajaraan, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran sudah diterangkan dalam poin sebelumnya. Maka dari itu tenaga pendidik terlebih dahulu menyiapkan silabus atau RPP untuk bekal mengajar; SMA YP Unila Bandar Lampung mempunyai Hasil lulusan bermutu dibuktikan dengan banyaknya siswa yang diterima diperguruan tinggi melalui jalur undangan dan dibuktikan dengan profesinya saat ini; SMA YP Unila Bandar Lampung juga memiliki Standar kompetensi lulusan merupakan pedoman penilaian dalam menetukan lulus tidaknya peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan. Standar kompetensi lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, standar kompetensi lulusan bertujuan untuk meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut; SMA YP Unila Bandar Lampung mempunyai wewenang bahwa Penilaian pendidikan terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Kata kunci: Manajemen, Mutu Pendidikan iv ABSTRACT Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and skills needed by themselves, society, nation and state. In this case, the quality of learning is a learning process that has been planned in accordance with existing procedures and also designs what will be taught to students later, in order to get satisfactory results in accordance with what is desired. because in education or educating is not only limited to transferring knowledge, but there are noble values that must be conveyed to students through the educational process, through the learning process in the classroom and outside the classroom using certain teaching and learning strategies. The quality of learning in the school environment basically supports the implementation of learning in schools. In order for learning quality management to be successful, it requires a concept, planning and organization that is carried out in a systematic and structured manner. Real, planned and evaluated programs are needed to deliver the learning process to the desired learning objectives. This study uses a qualitative descriptive method, using a case study approach, in this case observing the implementation of Quality Management at SMA YP Unila Bandar Lampung. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasa, waka curriculum teachers and students at SMA YP Unila Bandar Lampung. Secondary data in the form of theoretical data, documentation data and other supporting data obtained from school documents. The validity of the data was tested by triangulation of sources. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that: The principal applies the standards of educators and education personnel in seeking pre-service education criteria and physical or mental feasibility and in-service education; SMA YP Unila Bandar Lampung has a standard curriculum according to the government's reference. In the learning process at the school it refers to K13 which has been determined by the Government; Given the importance of facilities and infrastructure in an effort to improve education in schools, because as a way to bridge the implementation of the teaching and learning process in schools; SMA YP Unila Bandar Lampung has a learning process that has been carefully prepared, then lesson planning, assessment of learning outcomes, and supervision of the learning process have been explained in the previous point. Therefore, educators must first prepare a syllabus or lesson plan for teaching supplies; SMA YP Unila Bandar Lampung has quality graduate results as evidenced by the large number of students who are accepted into higher education through invitations and proven by their current profession; SMA YP Unila Bandar Lampung also has a graduate competency standard which is an assessment guide in determining whether or not students pass from the education unit concerned. Graduate competency standards include competencies for all subjects covering attitudes, knowledge, and skills. In addition, graduate competency standards aim to lay the foundation for intelligence, knowledge, personality, noble character, and skills to live independently and attend further education; SMA YP Unila Bandar Lampung has the authority that educational assessment consists of assessment of learning outcomes by educators, education units and the government. Keywords: Management, Quality of Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:45
Last Modified: 18 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item