PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Toko Rabbani Bandar Jaya )

Nur, Okta Anggraini (2022) PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Toko Rabbani Bandar Jaya ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of NUR OKTA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis islam (syariah) kini kian marak dan menjamur di Indonesia. Salah satu pendorongnya adalah karena adanya kesadaran masyarakat yang mayoritas muslim untuk menggunakan dan memamfaatkan produk ( barang dan jasa) yang halal dan tayyib. Maka peran produsen atau perusahaan-perusahaan bisnis berbasis syariah menjadi sebuah alternatif yang cukup menjanjikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah Lokasi, Harga, produk, promosi dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan, secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Rabbani banda jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga, produk, promosi, store atmosphere secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian toko busana muslim Rabbani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen pada Toko Rabbani bandar jaya. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan diperoleh 100 sampel sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji statistik T dan uji statistik F. Data diolah dengan menggunakan software SPSS22. Hasil penelitian ini menunjukan variabel lokasi dan harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian hal ini bisa dilihat dari hasil uji T untuk kedua variabel tersebut, sedangkan untuk variabel produk, promosi dan store atmosphere menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh pada keputusan pembelian toko busana muslim Rabbani. Dan secara simultan Berdasarkan nilai Ftabel yang sudah dihitung, dapat disimpulkan bahwa nilai Fhitung Ftabel, yaitu sebesar 20,024 3,09 dengan tingkat signifikan 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang dimana menandakan bahwa kedua variabel independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terdahap variabel dependen. Hasil ini juga menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama – sama memberikan pengaruh yang bermakna terhadap variabel terikat atau sesuai dengan hipotesis pertama yang ada dalam penelitian ini, sehingga hipotesis tersebut diterima. Pengaruh Lokasi, Harga, Produk, Promosi dan store atmosphere, dalam Islam telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam hal ini memberikan manfaat pengunjung dengan mengutamakan store atmosphere yang nyaman lokasi lingkungan usaha yang baik dan mengutamakan prinsi maslahah. Prinsip Maslahah merupakan prinsip yang penting dalam Islam. Kata Kunci : Bauran Ritel, Lokasi, Harga, Produk, Promosi, Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:16
Last Modified: 10 Aug 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item