TALENT MAPPING METODE MENEMUKAN BAKAT SISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

RINA AM, Junaidi (2022) TALENT MAPPING METODE MENEMUKAN BAKAT SISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Modul Rina AM Talent Mapping.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Talent mapping menurut Abah Rama Royani adalah cara asesmen atau menilai dan menggali bakat (karakteristik produktif) dan potensi kekuatan kita dengan tampilan hasil yang lengkap, mudah dipahami dan menarik. Cara ini bisa mengidentifikikasi potensi kekuatan individu yang mencakup pengukuran dan pernyataan kekuatan diri (Personal Strengths Statement). Talent mapping adalah kegiatan yang sangat penting dalam rangka untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Dalam dunia pendidikan berbagai jurusan atau program studi ditawarkan dengan tujuan agar peserta didik dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki agar tidak terjadi menimbulkan berbagai masalah baik itu secara psikologis, akademik, dan rasional. Beberapa macam manfaat dari talent mapping adalah membantu mempermudah untuk menemukan bakat yang terpendam, membantu untuk mengembangkan bakat, membantu mengetahui tingkat kepercayaan seseorang, dan membuat orang tidak fokus pada kelemahan yang ada. Pendekatan menemukan diri atau menemukan bakat terdiri dari tiga yaitu Assessment talent mapping, Assesment personal strength statement, dan Strength typology ST 30. Bakat adalah suatu kemampuan khusus yang harus dimiliki seseorang secara alami, dengan kualitas yang biasanya tersembunyi di dalam diri seseorang. Berdasarkan fungsi atau aspek jiwa raga yang terlihat dalam berbagai macam prestasi bakat dapat terdiri dari 4 jenis yaitu : Bakat yang lebih berdasarkan psikofisik, Bakat kejiwaan yang bersifat umum, Bakat-bakat kejiwaan yang khas dan majemuk, Bakat yang lebih berdasarkan alam perasaan dan kemauan. Adapun indikator dari bakat ada tiga yaitu keadaan/situasi, hasil, dan keterampilan. Faktor yang mempengaruhi bakat terdiri dari beberapa faktor yaitu faktor intern, psikologis, dan faktor ekstern. Metode atau gaya belajar menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dalam suatu proses pembelajaran, seseorang membutuhkan suatu cara yang dianggap benar-benar cocok atau nyaman dengan apa yang dijalaninya selama proses pembelajaran. Metode atau gaya belajar terdiri dari tiga yaitu gaya belajar Visual, gaya belajar Auditorial, dan gaya belajar Kinestetik atau yang di sebut dengan gaya belajar VAK. Menemukan gaya belajar efektif dari masing-masing individu juga merupakan salah satu hal pendukung untuk talent mapping. Dengan ditemukannya gaya belajar yang sesuai dengan potensinya masing-masing, peserta didik dapat mengoptimalkan proses belajarnya sehingga mereka mampu melejitkan potensinya. Kata kunci : Talent Mapping, Bakat, Gaya Belajar iv ABSTRACT Talent mapping according to Abah Rama Royani is a way of assessing or assessing and exploring our talents (productive characteristics) and potential strengths with a complete, easy-to-understand and attractive display of results. This method can identify the potential strengths of individuals which include measurement and self�strength statements (Personal Strengths Statement). Talent mapping is a very important activity in order to create superior human resources. In the world of education, various majors or study programs are offered with the aim that students can choose according to their interests and talents so that they do not cause various problems, both psychologically, academically, and rationally. Some of the benefits of talent mapping are that it helps make it easier to find hidden talents, helps to develop talents, helps determine someone's level of trust, and makes people not focus on existing weaknesses. The approach to finding oneself or finding talent consists of three, namely Assessment talent mapping, Assessment personal strength statement, and Strength typology ST 30. Talent is a special ability that a person must possess naturally, with qualities that are usually hidden within a person. Based on the functions or aspects of the body and soul that are seen in various kinds of achievements, talents can consist of 4 types, namely: Talents that are more based on psychophysics, general mental talents, distinctive and diverse psychological talents, Talents that are more based on feelings and will. There are three indicators of talent, namely state/situation, results, and skills. Factors that affect talent consist of several factors, namely internal, psychological, and external factors. The method or learning style becomes an important and inseparable part in a learning process, a person needs a way that is considered to be really suitable or comfortable with what he is living during the learning process. The learning method or style consists of three namely Visual learning styles, Auditorial learning styles, and Kinesthetic learning styles or what is called the VAK learning style. Finding the effective learning style of each individual is also one of the supporting things for talent mapping. With the discovery of learning styles that are in accordance with their respective potentials, students can optimize their learning process so that they are able to jump-start their potential. Keywords: Talent Mapping, Talent, Learning Style

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:50
Last Modified: 28 Jul 2022 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20135

Actions (login required)

View Item View Item