PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

NIDYA, AMALIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (889kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep peserta didik jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Inovasi pembelajaran diperlukan untuk mendukung perkembangan pemahaman konsep. Model RICOSRE dapat memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Peserta didik dibiasakan untuk membangun pemahamannya lewat soal yang tergolong dalam kemampuan tingkat tinggi. Dalam penelitian ini, RME membuat cara berpikir peserta didik terhadap matematika menjadi lebih nyata karena soal yang digunakan merupakan soal dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbasis Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen1 yang memperoleh model pembelajaran RICOSRE berbasis Realistic Mathematics Education dan VII B sebagai kelas eksperimen2 yang memperoleh model pembelajaran RICOSRE dan VII C sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Disign. Desain ini memiliki kelompok kontrol yang tidak berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah uji Two Way Anova dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji Two Way Anova dengan menggunakan SPPS diperoleh nilai sig. < 0,05 sehingga dan ditolak yang artinya terdapat minimal satu pasang model yang memberikan rataan dengan hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran RICOSRE berbasis Realistic Mathematics Education sama baiknya dengan Model pembelajaran RICOSRE. (2) Model pembelajaran RICOSRE berbasis Realistic Mathematics Education lebih baik dengan pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran RICOSRE lebih baik dengan pembelajaran konvensional. (1) gaya belajar visual lebih baik dari pada gaya belajar auditorial. (2) gaya belajar visual lebih baik iv dari pada gaya belajar kinestetik. (3) gaya belajar auditorial lebih baik dari pada gaya belajar kinestetik. Kata Kunci : Model pembelajaran RICOSRE berbasis Realistic Mathematics Education, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:26
Last Modified: 27 Jul 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item