PENINGKATAN SHORT-TERM MEMORY PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

Eka, Aprilianti (2022) PENINGKATAN SHORT-TERM MEMORY PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Ekaa Apriliant.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui short-term memory peserta didik di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di dalam kelas, atau penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis & Taggart. Populasi penelitian adalah semua peserta didik SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah, sampel pada penelitian ini sebanyak 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan bimbingan klasikal dapat meningkatkan short-term memory peserta didik pada sistem pembelajaran daring. Peningkatan tersebut dapat dilihat antara siklus pertama dan siklus kedua layanan yang telah dilakukan, membandingkan antar siklus pertama dan siklus kedua, (2) terjadi peningkatan short-term memory peserta didik pada sistem pembelajaran daring menggunakan bimbingan klasikal. Peningkatan short-term memory tersebut adalah sebesar 29.69% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua peningkatan keaktifan belajar siswa 35.7% diperoleh dari observasi yang dilakukan dari setiap pembelajaran pada masing�masing siklus. Kata kunci : bimbingan klasikal, short-term memory, pembelajaran daring iv ABSTRACT This study aims to determine the short-term memory of students at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai can be improved using classical guidance services. This research is action research conducted in the classroom, or classroom action research (Classroom Action Research). The design of the class action research in this study refers to the kemmis & taggart model design. The study population was all students of SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah, the sample in this study was 29 students. Data are collected through tests and observations. Data analysis using descriptive statistics. The results of this study show that: (1) the application of classical guidance can increase students' short-term memory in the online learning system. The increase can be seen between the first cycle and the second cycle of services that have been performed, comparing between the first cycle and the second cycle, (2) there is an increase in students' short-term memory in the online learning system using classical guidance. The increase in short-term memory was 29.69% the increase was obtained from the results of evaluation achievements from the first cycle to the second cycle, an increase in student learning activity of 35.7% obtained from observations made from each lesson in each cycle. Keywords : classical guidance, short-term memory, online learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:50
Last Modified: 21 Jul 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item