ANALISIS PENERAPAN TEKNIK E-TICKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI BUS DAMRI PADA PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Perum Damri Bandar Lampung)

HANDRYANI, JANUARITA (2022) ANALISIS PENERAPAN TEKNIK E-TICKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI BUS DAMRI PADA PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Perum Damri Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI HANNY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi pada era sekarang ini sangat berhubungan dengan pertumbuhan transportasi, peningkatan kebutuhan jasa angkutan bagi mobilitas penumpang serta barang akibat meningkatnya pertumbuhan industri transportasi. Setiap industri harus memiliki inovasi dan strategi kreatif untuk peningkatkan pada tertumbuhan tekonologi pada era saat ini. E-Ticketing salah satu cara dalam sistem pelayanan publik yang digunakan oleh setiap transportasi udara, laut maupun darat. Sistem tiket elektronik ini bertujuan agar penumpang semakin mudah memperoleh tiket, di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Perum Damri salah satu perusahaan yang menerapkan E�Ticketing hal tersebut sangat penting selain mengutamakan kualitas perusahaan, juga untuk meningkatkan kepuasan penumpang pada peran e-ticket tersebut. Namun e-ticket yang pada perum Damri masih adanya kendala-kendala dan tidak maksimal dikarenakan adanya kekurangan-kekurangan pada penerapan E-Ticketing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan dari teknik penerapan e-ticketing pada perum Damri untuk menjamin meningkatnya kepuasan penumpang, Peran e-ticket ini sangat bermanfaat bagi penumpang untuk megurangi pembelian tiket penumpang secara offline, menghemat waktu dan efektif yang dilakukan oleh penumpang. Hal tersebut akan membantu sistem tiket perum Damri jika masyarakat mendukung penerapan E-Ticketing. Metode Penelitiaan yang digunakan adalah metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan pengamatan, dengan data primer dan data sekunder, alat analisis yang digunakan dalam metode ini yaitu dengan pendekatan induktif. Data primer yang didapatkan di peroleh langsung dari slaah satu karyawan Perum Damri bagian Operasional di Pool Perum Damri Rajabasa, Bandar Lampung. Sedangkan data sekuder berupa teori-teori atau data penunjang lainnya diperoleh dari perpustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan E-Ticketing sangat memudahkan, praktis dan efisiensi waktu, namun penerapan E�Ticketing tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), masih adanya kendala yang terjadi yaitu aplikasi error atau tidak adanya respon, reschedule jadwal yang tidak sesuai, metode pembayaran bermasalah, tidak adanya terima e-ticket dan respon costumer service yang lambat. Hasil pada Peran E-ticket dalam meningkatkan kepuasanya yakni Sebanyak 37% penumpang puas, 43% Netral, dan 20% Tidak Puas, mengacu pada beberapa aspek dar tolak ukur keperasaan puas penumpang, Sebagian besar penumpang perum Damri 30 penumpang hanya 90% penumpang akan merekomendasikan untuk orang lain dengan berbagai alasan dan 10% penumpang tidak merekomendasikan perum damri, Evaluasi dari sebagian penumpang kendala-kendala yang ada pada perum Damri. Menurut perspektif bisnis Islam penerapan e-ticketing haruslah sesuai kaidah-kaidah Islam yaitu sistem jual beli (salam) proses pembeliannya dalam meningkatkan kepuasaan penumpang yakni Jujur, Amanah dan Mementingkan utama Penumpang. Kata Kunci: Penerapan E-Ticketing, Kepuasan Penumpang, Peran E�Ticket

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:52
Last Modified: 17 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item