PENGARUH EKUITAS MEREK DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Produk J.CO Donuts dan Coffee pada Masyarakat Bandar Lampung)

Selly, Suci Marta Sari (2022) PENGARUH EKUITAS MEREK DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Produk J.CO Donuts dan Coffee pada Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELLY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Diera persaingan penjualan produk sangat pesat. pelanggan semakin jeli melihat dan membandingkan produk yang memiliki produk yang relatif sama. Produk yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Persaingan pada bisnis restoran zaman sekarang mendorong untuk menciptakan pemikiran-pemikiran baru dari segi merek dan mendiferensiasikan produk dengan pesaing lainnya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekuitas merek dan diferensiasi produk terhadap loyalitas pelanggan studi kasus pada produk J.CO Donuts & Coffee pada masyarakat Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli produk J.CO donuts & Coffee di Bandar Lampung, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang maa data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden dengan teknik sampling insidental. Hasil penelitian dapat dilihat dari signifikansi Ekuitas Merek sebesar 0,000 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 5,959 > 1,984 , variabel Diferensiasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dilihat dari signifikansi diferensiasi produk sebesar 0,004 < 0,005 dan juga dilihat dari thitung sebesar 2,932 > 1,984. Hasil penelitian dalam perspektif ekonomi islam dari variabel ekuitas merek dan diferensiasi produk yaitu dicontohkan pada saat Rasulullah berdagang, beliau selalu memperhatikan penampilan, dengan cara tidak membohongi pelanggan baik menyangkut kualitas maupun kuantitas dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar pelanggan tetap setia dengan produk tersebut. Kata Kunci : Ekuitas Merek, Diferensiasi Produk, Loyalitas Pelanggan ABSTRACT In the era of competition, product sales are very fast. Customers are increasingly keen to see and compare products that have relatively the same product. Products that have strong brand equity that will remain able to compete, seize, and dominate the market. Competition in today's restaurant business encourages to create new ideas in terms of brands and differentiate products with other competitors to retain and get new customers. So this study aims to determine the effect of brand equity and product differentiation on customer loyalty, a case study on J.CO Donuts & Coffee products in the people of Bandar Lampung. The research method used in this study is the Quantitative Method. The population used in this study were customers who had purchased J.CO donuts & Coffee products in Bandar Lampung, the type of data used in this study was primary data, which data were obtained through the help of research instruments in the form of questionnaires. The questionnaire was distributed to 100 respondents by incidental sampling technique. The results can be seen from the significance of Brand Equity of 0.000 < 0.005 and can also be seen from the tcount of 5.959 > 1.984, the product differentiation variable has a positive and significant effect on customer loyalty. This can be seen from the significance of product differentiation of 0.004 < 0.005 and also seen from the tcount of 2,932 > 1,984. The results of the research in the Islamic economic perspective of the brand equity and product differentiation variables are exemplified when the Prophet traded, he always paid attention to appearance, by not lying to customers both regarding quality and quantity and providing the best service so that customers remain loyal to the product. Keywords: Brand Equity, Product Differentiation, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:01
Last Modified: 17 Jun 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item