PENGARUH PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Go-Pay di Kota Bandar Lampung)

INTAN, RAHMAWATI (2022) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Go-Pay di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (468kB)
[thumbnail of THESIS NIKMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kini telah populer istilah uang eletronik (e-money) yaitu alat pembayaran dengan nilai uang telah tersimpan secara eletronik pada server ataupun kartu. Menjadi populer karena e-money telah gencar digunakan untuk bertransasksi ditoko online maupun offline. Keberadaan Go-Pay memiliki tujuan untuk mempermudah pengguna layanan Go-Jek dalam melakukan pembayaran layanan-layanan yang tersedia Go-Jek. Go-Pay sangat memudahkan penggunanya dalam bertransaksi tanpa menyita banyak waktu dan pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang apakah persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan e-money go-pay dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi dalam perspektif ekonomi Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 sampel. Pendekatan peneltitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ni adalah masyarakat Kota Bandar Lampung dan metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil uji test menunjukan bahwa Persepsi Manfaat dan Kepercayaan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Menggunakan. Dengan menggunakan causal steps hasil penelitian menujukan bahwa persepsi manfaat berpengarih positif dan signifikan terhadap minat menggunakan. Kepercayaan memediasi antara pengaruh persepsi manfaat terhadap minat menggunakan secara partial mediation. Kata Kunci : Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Minat Menggunakan, Uang Elektronik ABSTRACT Now the term electronic money (e-money) is popular, which is a of payment with the value of money stored electronically on a server or card. It has become popular because e-money has been intensively used for transacton in online and offline stores. The existence of Go-Pay has the aim of making it easier for Go-Jek service users in making payment for transact without taking up a lot of time and users no longer need to carry cashThis study aims to determine whether the perceived of usefull have a significant positive effect on the interest in using e-money go-pay with trust as a mediating variable in an Islamic economic perspective. The data collection method used in this research is to use a questionnaire that uses a Likert scale. The sample in this study amounted to 96 samples. A quantitative research approach with the data source used is primary data. The population of this research is the people of Bandar Lampung City and the data analysis method used is the Partial Least Square (PLS) approach. The test results show that Perceived of usefull and Trust have a significant and significant effect on Interest in Using. By using causal steps, the results of the study indicate that the perception of usefull has a positive and significant impact on interest in using. Trust mediates the effect of perceived of usefull on interest in using partial mediation. Keyword : Perceived Of Usefull, Trust, Interest inUsing, Electonic Money

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:57
Last Modified: 13 Jun 2022 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item View Item