PENGARUH MEREK LOKAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PAKAIAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung)

Nur, Haliza Tri Fabella (2022) PENGARUH MEREK LOKAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PAKAIAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Pakaian The Executive Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NURHALIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Merek merupakan nama atau istilah yang menjadi identitas suatu produk, sedangkan lokal menunjukan suatu tempat dimana produk tersebut di produksi dan dikembangkan pada suatu wilayah/negara. Sedangkan gaya hidup seseorang adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam kegiatan sehari-hari, minat dan juga pendapatan seseorang. Masalah dalam penelitian ini dilakukan karna bedasarkan survey serta peneliti terdahulu masih banyaknya hasil penelitian bahwa merek lokal masih kurang diminati, padahal merek lokal sudah banyak ditemukan di Kota Bandar lampung dengan banyak pilihan, harga terjangkau dan kualitas yang mampu bersaing dengan pakaian merek impor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalui google form . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pakaian merek lokal The Executive di kota Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden dan diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Dengan bantuan alat uji IBM spss statistic versi 24. Hasil penelitian ini menjukan bahwa : (1) merek lokal (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H01 diterima dan Hipotesis Ha1 di tolak. (2) gaya hidup (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y), dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha2 diterima dan Hipotesis H02 di tolak. (3) hasil dari uji F yang telah dilakukan menghasilkan bahwa merek lokal dan gaya hidup bersama sama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha3 diterima. Kata Kunci : Merek Lokal, Gaya Hidup, Minat Beli Konsumen ABSTRACT A Brand is a name or term that identity a product. Meanwhile, local refers to a place where the product is produced and developed in a region or country. A persons lifestyle is a persons lifestyle in the world which is expressed in daily activities, interest and also income. The problem in this study was carried out because it was based on survey and previous research still many assumptions the imported clothing brands are high quality, even though there are many local brands have found in the city Bandar Lampung with many choises, affordable price, and quality that compete with imported clothing brands. The study employs quantitative approaches. The data used is the primary data by sending out a questionnaire online through Google form.The populationi this study is costumers clothing brands The Executive in Bandar Lampung city. The sample used as many as 100 people respondent using the lemes show formula, was taken by a nonprobabilty sampling The data analysis used is a linear regression analysis multiple and using IBM spss statistic version 24. The results of this study indicate is : (1) local brands (X1) by partially affect to buying interest (Y) based on the output table, so it can be concluded that the hypothesis H01 is accepted and hypothesis Ha1 rejected. (2) gaya hidup (X2) by partially is significant effect on buying interest (Y), and can be concluded that the hypothesis Ha2 is a accptedand hypothesis H02 rejected. (3) The result of the F test have shown that local brand and lifestyle simultaneously significant affect buying interest , Then it can be concluded that the hypothesis ha3 is accepted. Keywords : local brand, lifestyle, and buying interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:44
Last Modified: 13 Jun 2022 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19476

Actions (login required)

View Item View Item