PENGARUH BRAND PRODUK IMITASI “CHANEL” TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017)

Kenny, Purnama Sari (2022) PENGARUH BRAND PRODUK IMITASI “CHANEL” TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL KENNY PURNAMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan serta perkembangan globalisasi yang mempengaruhi kebudayaan serta lingkungan sosial setiap lapisan masyarakat ini secara tidak langsung juga meningkatkan keinginan mereka untuk membeli berbagai macam produk guna menunjang kebutuhan hidupnya, terutama bidang fashion. Kecenderungan konsumen untuk membeli produk fashion, bukan hanya karena dapat menciptakan prestige kepada pemakai berdasarkan simbol merek yang dikenakkan, melainkan juga dapat menunjukan rasa percaya diri dan secara tidak langsung merujuk pada tingkatan mereka dalam lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu brand (X) dan minat beli (Y) sebagai variabel dependen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand produk imitasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan untuk mengetahui apakah brand produk imitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah disebar sebanyak 97 responden dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswi UIN Raden Intan Lampung yang menggunakan produk imitasi dengan teknik pengumpulan data yaitu purpousive sampling. Untuk analisis data menggunakan SPSS 22. Kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji realibitas, dan berlanjut ke uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 42,3% responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menyatakan bahwa menurut pendapat mereka “chanel” adalah salah satu brand atau merek terkenal yang produk imitasinya memiliki harga jual yang cocok untuk kalangan mahasiswi. Selain itu, sebanyak 45 responden atau sebesar 46,4% menyatakan jika mereka lebih memilih produk imitasi merek chanel dibandingkan dengan merek produk imitasi lainnya dan sebanyak 55 orang atau sebesar 56,7% juga menyatakan bahwa mereka memang memilih produk imitasi merek chanel. Kata Kunci: Brand, Produk Imitasi, dan Minat Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 04:18
Last Modified: 27 May 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19263

Actions (login required)

View Item View Item