PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO SUNSILK HIJAB (Studi Kasus pada Konsumen Shampo Hijab Sunsilk di Kota Bandar Lampung)

AULIA, ROSMANIAR (2022) PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN ISLAMIC ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO SUNSILK HIJAB (Studi Kasus pada Konsumen Shampo Hijab Sunsilk di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AULIA ROSMANIAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di era perkembangan saat ini, semakin pesat kemajuan yang berkembang terutama di bidang perekonomian yang berbasis dengan prinsip syariah yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga Persaingan global terhadap brand islam yang bermunculan Banyaknya aktifitas yang dilakukan wanita berhijab sehingga menimbulkan beberapa masalah rambut seperti, rambut menjadi lepek, beraroma tidak segar ,rontok dan berketombe. Sunsilk menciptakan varian Hijab, rangkaian shampoo bagi pemakai hijab. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Islamic Branding dan Islamic Advertising terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Hijab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan memakai shampo Sunsik Hijab diKota Bandar Lampung, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden dengan teknik Purposive Sampling. Hasil Perhitungan SPSS 25 dalam menguji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji parsial (Uji t), Variabel Islamic Branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari signifikansi Islamic Branding sebesar 0,0001 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 3,286 > 1,984, Variabel Islamic Advertising berpengaruh secara positif dan signifikam terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari signifikansi Islamic Advertising sebesar 0,000 < 0,005 dan juga dilihat dari thitung sebesar 6,917 > 1,984, hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 76,861>3,09, disimpulkan bahwa variabel Islamic Branding dan Islamic Advertising memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,613 ini menunjukkan variabel Islamic Branding dan Islamic Advertising yang memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 6,13% dan sisanya 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Islamic Branding, Islamic Advertising, Keputusan Pembelian ABSTRACT In the current era of development, progress is growing rapidly, especially in the field of economy based on sharia principles which is experiencing fairly rapid development. So that global competition against Islamic brands has sprung up. The number of activities carried out by women wearing hijab causes some hair problems such as hair becoming limp, smelling not fresh, falling out and dandruff. Sunsilk created the Hijab variant, a series of shampoos for hijab users. So this study aims to determine the effect of Islamic Branding and Islamic Advertising on the Purchase Decision of Sunsilk Hijab Shampoo. The research method used in this study is the Quantitative Method. The population used in this study were consumers who had bought and used Sunsilk Hijab shampoo in Bandar Lampung City. The type of data used in this study was primary data where the data was obtained through the help of research instruments in the form of questionnaires. The questionnaire was distributed to 100 respondents using the purposive sampling technique. The results of SPSS 25 calculation in testing the hypothesis with a significance level of 5% indicate that based on the results of the partial test (t test), the Islamic Branding variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. This can be seen from the significance of Islamic Branding of 0.0001 < 0.005 and can also be seen from the tcount of 3.286 > 1.984, the Islamic Advertising variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. This can be seen from the significance of Islamic Advertising of 0.000 < 0.005 and also seen from the tcount of 6.917 > 1.984, the F test results show the Fcount of 76,861> 3.09, it is concluded that the variables Islamic Branding and Islamic Advertising have a simultaneous influence on purchasing decisions. Furthermore, the results of the coefficient of determination (R2) of 0.613 show that the variables Islamic Branding and Islamic Advertising have an influence on purchasing decisions of 6.13% and the remaining 38.7% is influenced by other variables not used in this study. Keywords: Islamic Branding, Islamic Advertising, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 07:11
Last Modified: 24 May 2022 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item