PENGARUH TAMPILAN PRODUK DAN EKSPEKTASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Konsumen Produk Erigo di Bandar Lampung)

RIO, RANDI (2022) PENGARUH TAMPILAN PRODUK DAN EKSPEKTASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Konsumen Produk Erigo di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIO RIANDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis di bidang clothing line lokal di Indonesia sangat pesat di beberapa tahun belakangan ini, Pengusaha harus mampu bersaing untuk mempertahankan eksistensi usahanya dengan berbagai macam upaya yang harus mereka lakukan. Rumusan masalah ini yaitu, 1) Apakah tampilan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace?, 2) Apakah ekspektasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace?, 3) Bagaimana pandangan dalam perspektif ekonomi Islam terhadap tampilan produk dan ekspektasi konsumen terhadap keputusan pembelian di marketplace?. Serta penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian seberapa berpengaruh dan bagaimana signifikansinya dari variabel – variabel independen tersebut terhadap variabel dependennya serta memahaminya dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kuantitatif, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tampilan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dilihat dari signifikansi tampilan produk sebesar 0,000 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 3,746 > 1,984. Ekspektasi Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dilihat dari signifikansi ekspektasi konsumen sebesar 0,002 < 0,005 dan dapat juga dilihat dari thitung sebesar 3,252 > 1,984. Hasil penelitian dalam perspektif ekonomi Islam memperoleh nilai index persen dengan kategori sangat baik dari setiap variabel penelitian ini. Kata Kunci : Tampilan Produk, Ekspektasi Konsumen, Keputusan Pembelian ABSTRACT The development of business in the field of local clothing lines in Indonesia has been very rapid in recent years, entrepreneurs must be able to compete to maintain their business existence with various kinds of efforts that they must do. The formulation of this problem is, 1) Does product display affect purchasing decisions in the marketplace?, 2) Do consumer expectations affect purchasing decisions in the marketplace. 3) What is the view in the perspective of Islamic economics on the appearance of products and consumer expectations of purchasing decisions in the marketplace. And this study aims to test how influential and how significant the independent variables are to the dependent variable and understand it from an Islamic economic perspective. The research method used in this study is the quantitative method. The type of data used in this study is primary data where the data is obtained through the help of research instruments in the form of questionnaires. The questionnaire was distributed to 100 respondents using the purposive sampling technique. The results show that: Product appearance has a positive and significant effect on purchasing decisions, this can be seen from the significance of product display of 0.000 < 0.005 and can also be seen from tcount of 3.746 > 1.984. Consumer Expectations have a positive and significant effect on purchasing decisions, this can be seen from the significance of consumer expectations of 0.002 < 0.005 and can also be seen from tcount of 3.252 > 1.984. The results of the research in the perspective of Islamic economics obtained a percent index value with a very good category from each of these research variables. Keywords: Product Display, Consumer Expectations, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 07:04
Last Modified: 24 May 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19211

Actions (login required)

View Item View Item