PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Sabun Dettol di Bandar Lampung)

NIKEN, NAWANG PRATIWI (2022) PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Sabun Dettol di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Niken Nawang Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bidang usaha yang terjadi di era globalisasi adalah salah satu alasan utama terciptanya ragam produk dan ragam fasilitas dan pelayanan yang disuguhkan para pengusaha bisnis kepada konsumen. dalam melakukan persaingan itu, sebuah perusahaan ataupun seorang pemasar harus memiliki keunggulan bersaing untuk dapat terus bertahan pada produk yang mereka tawarkan pada konsumen. Semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini, setiap pelaku bisnis dituntut untuk mempunyai kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi, serta dapat terus memenuhi ataupun menanggapi setiap tuntutan konsumen. Semakin tingginya ekspektasi konsumen akan suatu produk yang mereka konsumsi maka semakin tinggi pula usaha perusahaan atau pebisnis dalam memenuhi ekspektasi tersebut. Perusahaan harus mampu menciptakan sebuah ide baru yang dapat memberikan nilai lebih (value) pada konsumen. Kategori industri saat ini yang mengalami persaingan ketat yaitu industri Personal Care. Personal Care merupakan produk yang dipakai oleh konsumen yang digunakan untuk kebersihan dan kecantikan diri. Produk dari industri Personal Care saat ini terus berkembang dan menjadi industri besar yaitu sabun mandi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian akan dilakukan pada konsumen Sabun di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian berjumlah 100 responden teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3 untuk pengolahan data. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing yang terdiri dari variabel sense tidak berpengaruh berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel feel berpengaruh positif terhadap kepuasaan konsumen. Sedangkan Variabel think tidak berpengaruh berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, Variabel act berpengaruh positif terhadap kepuasaan konsumen. Dan variabel relate berpengaruh positif terhadap kepuasaan konsumen. Dan sense, feel, think, act, dan relate dalam prespektif ekonomi islam terealisasikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengn nilai rata-rata indikator yang baik. Dan kepuasan konsumen dalam prespektif ekonomi islam juga terealisasikan dengan baik, yang dibuktikan dengan nilai rata�rata indikator yang baik Kata Kunci : Sense, Feel, Think, Act, Relate, Kepuasan Konsumen ABSTRACT The field competition that occurs in the era of globalization is one of the main reasons for the creation of a variety of products and a variety of facilities and services offered by business entrepreneurs to consumers. In doing that competition, a company or a marketer must have a competitive advantage to be able to continue to survive in the products they offer to consumers. With the development of today's business world, every business person has difficulty dealing with any changes that occur, and can continue to face challenges facing consumers. the higher the consumer's expectations for a product they consume, the higher the company's business or business in meeting these expectations. The company must be able to create a new idea that can provide more value to consumers. The current industry category that is experiencing intense competition is the Personal Care industry. Personal Care is a product used by consumers for personal hygiene and beauty. Products from the Personal Care industry are currently growing and becoming a big industry, namely bath soap. This study uses a quantitative approach. The research will be conducted on Aqua consumers in Bandar Lampung City. The research sample amounted to 100 respondents using probability sampling technique, namely cluster sampling. Collecting data through the distribution of offline and online questionnaires. The data analysis method in this study uses partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 3 software for data processing. The results of this study indicate that experiential marketing which consists of the sense variable has no significant positive effect on consumer satisfaction, the feel variable has a positive effect on consumer satisfaction. While the think variable has no significant positive effect on consumer satisfaction, the act variable has a positive effect on consumer satisfaction. And the relate variable has a positive effect on consumer satisfaction. And sense, feel, think, act, and relate in the perspective of Islamic economics is well realized, this is evidenced by the average value of a good indicator. And consumer satisfaction in the perspective of Islamic economics is also well realized, as evidenced by the average value of good indicators Keywords: Sense, Feel, Think, Act, Relate, Consumer Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:15
Last Modified: 25 Apr 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item