PENGARUH HARGA, CUSTOMER VALUE, DAN KUALITAS LAYANAN/JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung)

Muhammad, Rizki Maulana Putra (2022) PENGARUH HARGA, CUSTOMER VALUE, DAN KUALITAS LAYANAN/JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I, II, V.pdf] PDF
Download (868kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan Pra Survei kepada 30 Responden dengan pernyataan harga jasa pengiriman barang di PT. Pos Indonesia (Persero) lebih terjangkau sehingga saya tertarik untuk menggunakan jasa tersebut, terdapat 14 orang yang menjawab ya, dan 16 orang yang menjawab tidak. Adapun rumusan masalah didalam penelitian ini, yaitu Apakah Harga, Customer Value, dan Kualitas Layanan/Jasa berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung Perspektif Manajemen Bisnis Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Customer Value, dan Kualitas Layanan/Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung Perspektif Manajemen Bisnis Syariah. Jenis penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bersifat asosiatif asimetris, yaitu memprediksi pengaruh independen (X), terhadap dependen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah 680 Pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung. Penentuan besarnya sampel didasarkan menurut Suharsimi Arikunto, dalam penelitian ini mengambil 68 Responden. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik harga yang ditawarkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung, maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Customer Value berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan merasa senang dalam menggunakan jasa pengiriman pada PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung, dan pelanggan merasa manfaat yang diperoleh dari jasa pengiriman PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung sudah sesuai dengan layanan kinerja yang diberikan. Kualitas layanan/jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia di Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa jika semakin baik kualitas layanan/jasa, seperti karyawan yang selalu siap dan sigap membantu, memberikan jaminan keamanan kepada konsumen terkait pengiriman, serta pengiriman yang dilakukan selalu cepat dan tepat waktu, maka akan semakin meningkat juga kepuasan dari pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung. Kata Kunci: Harga, Customer Value, Kualitas Layanan/Jasa, Kepuasan Pelanggan. ABSTRACT Based on the Pre-Survey to 30 respondents with a statement on the price of goods delivery services at PT. Pos Indonesia (Persero) is more affordable so I am interested in using this service, there are 14 people who answered yes, and 16 people who answered no. The formulation of the problem in this study is whether price, customer value, and quality of service / services affect customer satisfaction at PT. Pos Indonesia in Bandar Lampung Sharia Business Management Perspective. This study aims to determine the effect of price, customer value, and service quality on customer satisfaction at PT. Pos Indonesia (Persero) in Bandar Lampung Sharia Business Management Perspective. The type of research used in writing this thesis is quantitative research. This study is associative asymmetric, which predicts the effect of the independent (X), on the dependent (Y). The population in this study were 680 customers of PT. Pos Indonesia in Bandar Lampung. Determination of the sample size based on Suharsimi Arikunto, in this study took 68 respondents. Price has a positive and significant effect on customer satisfaction of PT. Pos Indonesia in Bandar Lampung. This shows that the better the price offered by PT. Pos Indonesia (Persero) in Bandar Lampung, then customer satisfaction will increase. Customer Value has a positive and insignificant effect on customer satisfaction at PT. Pos Indonesia in Bandar Lampung. This shows that customers feel happy in using the delivery service at PT. Pos Indonesia (Persero) in Bandar Lampung, and customers feel the benefits obtained from the delivery service of PT. Pos Indonesia (Persero) in Bandar Lampung is in accordance with the performance of the services provided. Service quality has a significant effect on customer satisfaction PT. Pos Indonesia in Bandar Lampung. This shows that if the quality of service is getting better, such as employees who are always ready to help, provide security guarantees to consumers regarding delivery, and delivery is always fast and on time, then the satisfaction of PT. Pos Indonesia (Persero) in Bandar Lampung. Keywords: Price, Customer Value, Service Quality, Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:06
Last Modified: 25 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item