PENGARUH YOUTUBE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung di Bandar Lampung)

YULI, YANA (2022) PENGARUH YOUTUBE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULI YANA_1851040322.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Iklan dapat membuat persaingan menjadi lebih kompetitif, sehingga keputusan pembelian terhadap produk menjadi semakin meningkat sehingga iklan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam dunia bisnis. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan sosial media untuk mengiklankan produknya salah satunya yaitu youtube. Youtube dianggap memiliki potensi yang besar bagi pengiklan, mengingat youtube memiliki segmen yang lebih pasti. Namun berdasarkan pra riset yang penulis lakukan menunjukan bahwa banyak pengguna youtube yang tidak menyukai dan merasa terganggu dengan adanya iklan di youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh youtube advertising terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung dengan brand awareness sebagai variabel mediasi dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa Youtube advertising dan brand awareness berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan dengan menggunakan causal step hasil penelitian menunjukkan bahwa youtube advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness memediasi antara pengaruh youtube advertising terhadap keputusan pembelian secara partial mediation. Kata Kunci : Youtube advertising, Brand awareness, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:03
Last Modified: 20 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item