TEKNIK PEMASARAN JUAL BELI PENGAMAN SELANG REGULATOR KOMPOR GAS PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi pada CV.Tabek Jaya di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus)

AJITIA, ARMANDA (2022) TEKNIK PEMASARAN JUAL BELI PENGAMAN SELANG REGULATOR KOMPOR GAS PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi pada CV.Tabek Jaya di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & V.pdf] PDF
Download (530kB)
[thumbnail of SKRIPSI AJITA ARMANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Teknik Pemasaran adalah cara atau langkah-langkah dalam melakukan penjualan suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai penjualannya. Teknik pemasaran ini sudah lama ada dan diterapkan dalam kegiatan pemasaran, seperti yang dilakukan oleh sales CV.Tabek Jaya di desa Sukanegeri Jaya, kecamatan Talang Padang, kabupaten Tanggamus, di mana dalam teknik pemasaran yang dilakukan tersebut terjadi manipulasi informasi yang dilakukan oleh sales untuk meningkatkan omset penjualan alat pengaman selang regulator kompor gas. Alat pengaman selang regulator kompor gas adalah alat pengaman ganda yang sengaja diciptakan sebagai kelengkapan pengaman selang untuk mengurangi tingkat angka kebakaran yang disebabkan dari kebocoran selang pada kompor gas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana teknik pemasaran dalam jual beli pengaman selang regulator kompor gas pada CV.Tabek Jaya di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus? 2.Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang teknik pemasaran dalam jual beli pengaman selang regulator kompor gas dimaksud. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meneliti teknik pemasaran serta status hukumnya (ekonomi Islam) atas teknik pemasaran dalam jual beli pengaman selang regulator kompor gas pada CV.Tabek Jaya di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV.Tabek Jaya dalam menjalankan bisnis menggunakan konsep strategi pemasaran merchandise salesman sehingga dalam melangsungkan kegiatannya selalu berpindah-pindah tempat, bekerja sama dengan ketua RT sebagai tuan rumah berkumpulnya warga sebagai calon konsumen. Teknik pemasaran yang dilakukan oleh sales, dengan memanfaatkan ketidak pahaman konsumen bahwa dalam selang regulator pada dasarnya telah iii ada/dilengkapi dengan pengaman, dengan memanipulasi informasi untuk menigkatkan omset penjualan. Dalam perspektif hukum Islam teknik pemasaran yang dilakukan oleh sales CV.Tabek Jaya di desa Sukanegeri Jaya, kecamatan Talang Padang, kabupaten Tanggamus tersebut tidak diterangkan hukum Islam. Karena pemasarannya dengan cara memanipulasi informasi yang sebenarnya untuk mempengaruhi calon pembeli agar membeli pengaman selang regulator yang dipasarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:07
Last Modified: 18 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item