PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Study Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Periode 2017-2020)

AHMAD, SARWANTO (2022) PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Study Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Periode 2017-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD SARWANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaporan keberlanjutan dan kinerja perusahaan merupakan dua faktor yang perlu dipelajari dalam tahun terakhir. Pelaporan keberlanjutan adalah laporan non-keuangan yang terdiri dari tiga elemen yaitu: kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, dan kinerja sosial. Penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh masing-masing dimensi sustainability reporting terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Sustainability report terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan dimensi ekonomi, pengungkapan dimensi lingkungan, dan pengungkapan dimensi sosial. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan perusahaan (return on asset). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan yang terdaftar di di Jakarta Islamic Index (JII) selama 4 tahun yaitu pada tahun 2017-2020 sesuai dengan standar GRI-G4 dengan 91 item. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel dimensi ekonomi yang berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan variabel dimensi lingkungan dan dimensi sosial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Hasil uji F (simultan) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial terhadap kinerja keuangan. Dengan nilai Adjusted R2 sebesar 12%. Kata Kunci : Sustainability report, dimensi ekonomi, dimensi lingkungan, dimensi sosial, return on asets

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:16
Last Modified: 25 Mar 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item