STUDI META ANALISIS PENDEKATAN ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS PADA MATERI IPA-FISIKA

DWI, NURCAHYANI (2022) STUDI META ANALISIS PENDEKATAN ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS PADA MATERI IPA-FISIKA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI NURCAHYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran etnosains akhir-akhir ini menjadi fokus peneliti di berbagai daerah. Ini memberikan nuansa campuran budaya dan sains. Pembelajaran ini merupakan terobosan dalam dunia pendidikan karena memadukan sains dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pendekatan etnosains terhadap literasi sains siswa. Melalui studi meta – analisis ini peneliti akan membahas bagaimana pendekatan etnosains mampu mengakomodir literasi sains siswa. selain itu peneliti juga akan meneliti seberapa besar kontribusi pendekatan etnosains dalam pembelajaran di kelas. Studi meta analisis dilakukan ini dengan mengumpulkan beberapa artikel di database Scopus berdasarkan kriteria pencarian tertentu. Analisis dilakukan melalui 5 tahapan yaitu Orientasi, Konseptualisasi, Investigasi, Diskusi, dan Kesimpulan. Sebanyak 8 artikel ilmiah yang terpilih dan dianalisis sesuai dengan kriteria untuk dijadikan data di pembahasan, kemudian artikel dianalisis menggunakan landasan dasar meta – analisis yaitu Effect size. Hasil analisis dari artikel menunjukkan bahwa pendekatan etnosains di sekolah sangat penting untuk meningkatkaan literasi sains siswa abad ini dan untuk menjaga lingkungan. Berdasarkan analisis hasil penelitian, pembelajaran menggunakan pendekatan etnosains secara signifikan meningkatkan literasi sains siswa. Kata kunci: Etnosains, meta-analisis, literasi sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:15
Last Modified: 16 Mar 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18498

Actions (login required)

View Item View Item