ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH TEMPAT REFRESHING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Remaja Rentang Usia 18-24 Tahun)

Fauziah, Rahayu (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH TEMPAT REFRESHING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Remaja Rentang Usia 18-24 Tahun). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi fauziah rahayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi telah berkembang dengan sedemikian rupa sehingga pengaruhnya dapat dengan cepat terlihat dan terasa pada masyarakat. Unsur – unsur budaya global memasuki dunia lokal dengan sangat cepat dan intensif. Menjamurnya kafe-kafe di Indonesia terutama di Bandar Lampung akhir-akhir ini mengakibatkan masyarakat berbondong-bondong untuk mengunjunginya, terutama pada para remaja. Remaja yang cenderung senang untuk berkumpul bersama teman-teman menjadikan kafe sebagai sarana untuk mengisi waktu luangnya. Kafe telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kota, banyak sekali anak-anak remaja yang kerjaannya bersantai di kafe untuk refreshing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih tempat refreshing dan bagaimana penerapan konsep ekonomi Islam dalam bisnis kafe di Bandar Lampung. Tujuan penelitian Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih tempat refreshing dan untuk mengetahui apakah konsep ekonomi Islam telah diterapkan pada bisnis kafe di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu masyarakat Bandar Lampung yang berusia 18-24 tahun dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan kualitas produk, kualitas pelayanan, citra merek dan lokasi sebagai variabel bebas atau independen dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan kualitas pelayanan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Citra merek dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05. Serta Lokasi dengan ii nilai signifikan 0,000 > 0,05. Berdasarkan analisis data bahwa kesimpulan kualitas produk, kualitas pelayanan, citra merek dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Lokasi dan Keputusan Pembelian. iii ABSTRACT The development of technology has developed in such a way that its influence can be quickly seen and felt in society. Elements of global culture enter the local world very quickly and intensively. The proliferation of cafes in Indonesia, especially in Bandar Lampung, has recently resulted in people flocking to visit them, especially teenagers. Teenagers who tend to like to hang out with friends make cafes as a means to fill their spare time. Cafes have become part of the life of urban people, there are lots of teenagers whose work is relaxing in cafes for refreshing. The formulation of the problem in this study is what factors influence people's decisions in choosing a refreshing place and how to apply Islamic economic concepts in the cafe business in Bandar Lampung. The purpose of the study is to find out what factors influence people's decisions in choosing a refreshing place and to determine whether the concept of Islamic economics has been applied to the cafe business in Bandar Lampung. This study uses a quantitative descriptive method. Sources of data in the form of primary data and secondary data. Data collection techniques consist of observation, interviews and questionnaires. The sample in this study amounted to 100 people, namely the people of Bandar Lampung aged 18-24 years using random sampling technique. For the data analysis process using simple regression analysis, with product quality, service quality, brand image and location as independent or independent variables and purchasing decisions as dependent or dependent variables. Based on the results of this study indicate that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions with a significant value of 0.000 <0.05. While the quality of service with a significant value of 0.000 <0.05. Brand image with a significant value of 0.011 <0.05. And Location with a significant value of 0.000 > 0.05. Based on data analysis, it can be concluded that product quality, service quality, brand image and location affect purchasing decisions. Keywords: Product Quality, Service Quality, Brand Image, Location and Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:57
Last Modified: 10 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item