Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur'an peserta didik kelas IV di Madrasah Ibidaiyah Negeri:Min 9 Bandar Lampung

Rismadini, Rismadini (2017) Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur'an peserta didik kelas IV di Madrasah Ibidaiyah Negeri:Min 9 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (544kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (684kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (550kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama dan pertama ajaran Islam menjadi petunjuk kehidupan umat manusia diturunkan Allah kepada nabi Muhammad SAW,sebagai salah satu rahmat yang tak ada taranya bagi alam semesta. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung adalah Madrasah setingkat Sekolah Dasar yang memadukan materi-materi pelajaran umum dan materi pelajaran agama yang merupakan ciri khas Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung. Adapun visi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung adalah Beriman, Bertaqwa, Berprestasi, Terampil, serta dapat bersaing dengan lembaga pendidikan. Mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik di Madrasah baik dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah sampai Aliyah adalah Qur’an Hadist, bahasa Arab, Fiqh,aqidah akhlak dan juga SKI. Disamping dapat menguasai pelajaran-pelajaran tersebut peserta didik juga di harapkan mampu membaca dan menulis Al-Qur’an secara baik dan benar. Berdasarkan observasi pada penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9, kondisi peserta didik dalam membaca Al-qur’an dapat dikatakan belum maksimal, karena masih terdapat peserta didik yang belum menguasai sepenuhnya lancar dalam membaca Al-Qur’an, walaupun ada peserta didik yang sudah bisa membaca Al-qur’an secara lancar dan fasih, namun masih ada peserta didik yang masih terbata-bata dalam membaca al-Qur’an belum paham ilmu tajwid dan masih kurang fasikh dalam mengucapkan huruf-hurufnya bahkan ada peserta didik yang sama sekali belum mengenal huruf-huruf hijaiyah. Agar guru dapat mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator, maka guru perlu memahami hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar. Dari ungkapan ini, jelas bahwa untuk mewujudkan dirinya sebagai fasilitator, guru mutlak perlu menyediakan sumber dan media belajar yang cocok dan beragam dalam setiap kegiatan pembelajaran ,dan tidak menjadikan dirinya sebagai satu-satunya sumber belajar bagi para peserta didiknya. Peran Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung, indikator variabel peran orang tua telah dilaksanakan walau belum pada taraf optimal peran orang tua diantaranya mengontrol kegiatan belajar anak, memantau perkembangan akademik, memantau perkembangan kepribadian, memantau efektivitas jam belajar anak. Sementara indikator variabel peran guru pun telah dilaksanakan dengan baik, diantaranya : peran guru sebagai fasilitator, peran guru pembimbing, peran guru motivator, peran guru organisator, peran guru sebagai manusia sumber, hal ini tentu saja membuahkan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan minat membaca al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:35
Last Modified: 01 Nov 2017 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item