PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PUTI MINANG DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Puti Minang Di Langkapura Kota Bandar Lampung )

YUNITA, ANGGRAINI (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PUTI MINANG DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Puti Minang Di Langkapura Kota Bandar Lampung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB I, BAB II, DAPUS YUNITA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karna tingkat pesaing dalam bidang bisnis sangat ketat diantaranya bisnis rumah makan yang ada di kota Bandar lampung. Yang menjadi hal utama agar bisnis rumah makan dapat bertahan, bersaing dipasar dan menguasai pangsa pasar adalah dengan cara memberikan tingkat harga yang relative murah dibandingkan dengan pesaing lainnya serta meningkatkan kualitas pelayanan. Rumah makan puti minang harus memperhatikan hal tersebut agar konsumen yang membeli produk mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kerumah makan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen rumah makan puti minang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan diperoleh 50 sampel sebagai responden data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsiklasik, uji regresi linier berganda, uji statistik T dan uji statistik F. Data diolah menggunakan software SPSS20 dan Microsoft excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga mempengaruhi positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai 0,134 > 0.05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai 0.00 < 0.05. Berdasarkan analisis data ada pun pada hasil koefisien determinan (R2) bahwa pengaruh harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan puti minang sebesar 77,4 % = 52,6 % dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dalam pandangan islam, harga yang di tetapkan oleh rumah makan puti minang sesuai dengan konsep ekonimi islam, yaitu berdasarkan prinsip keadilan, suka sama suka dari kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan atau tidak ada yang dipaksa. Dan untuk kualitas pelayanan islam memandang bahwa rumah makan puti minang dimana dalam menjalankan usaha sudah memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yang berlandaskan Al-Quran dan Hadits. Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen iv ABSTRACT Customer satisfaction is a top priority in the business world because the level of competition in the business field is very tight, including the restaurant business in the city of Bandar Lampung. The main thing for the restaurant business to survive, compete in the market and dominate market share is to provide a relatively cheap price level compared to other competitors and improve service quality. Puti Minang restaurants must pay attention to this so that consumers who buy products get satisfaction and do not switch to other restaurants. This study uses a quantitative approach with the type of field research the population in this study is the consumers of Puti Minang restaurants. Sampling was done by accidental sampling technique by obtaining 50 samples as respondents. The data used in this study used the research instrument test, classical assumption test, multiple linear regression test, T statistical test and F statistical test. The data were processed using SPSS20 software and Microsoft Excel 2010. The results of this study indicate that price has a positive and significant effect on service quality with a value of 0.134 > 0.05. Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction with a value of 0.00 < 0.05. Based on data analysis, there is also the result of the determinant coefficient (R2) that the effect of price, service quality on customer satisfaction at Puti Minang restaurants is 77.4% = 52.6% and the rest is influenced by other variables not found in this study. In the view of Islam, the price set by the Puti Minang restaurant is in accordance with the concept of Islamic economics, namely based on the principle of justice, consensual from both parties and no one is harmed or no one is forced. And for the quality of service, Islam considers that the Puti Minang restaurant in running a business has provided good service and is in accordance with the principles of Islamic Economics based on the Al-Quran and Hadith. Keywords : Price, Service Quality, Consumer Satisfaction

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:48
Last Modified: 08 Mar 2022 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item View Item