PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSEMENT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP OMZET PENJUALAN USAHA ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (studi pada Hamshop.bdl)

AFNI, NURHAZIZAH BR HARAHAP (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSEMENT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP OMZET PENJUALAN USAHA ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (studi pada Hamshop.bdl). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of print 5x.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN ENDORSEMENT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP OMZET PENJUALAN USAHA ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” (studi pada Hamshop.bdl) ABSTRAK Oleh : Afni Nurhazizah Br Harahap Berkembangnya media Informasi di Indonesia menyebabkan banyaknya bentuk iklan dan macam iklan seperti pada media sosial Instagram.Saat ini instagram sudah merambak menjadi suatu lahan bisnis untuk seseorang mempromosikan dan menjual produk, barang atau jasa kepada pengguna instagram lainnya yang dikenal dengan sebutan online shop.Penggunaan Endorsement dan berinovasi pada produk merupakan salah satu strategi kreatif yang dilakukan oleh Hamshop.bdl untuk mendongkrak Omzet Penjualan secara luas dan cepat. Penelitian ini akan di fokuskan pada pengaruh penggunaaan Endorsement dan inovasi produk terhadap omzet penjualan usaha Online shop yang dilakukan oleh Hamshop.bdl. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Endorsement dan inovasi produk terhadap Omzet Penjualan Online shop di Hamshop.bdl secara parsial, simultan, dan mengkajinya dalam pespektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Hamsop.bdl dengan pembelian minimal 3x. Sampel yang diambil untuk mendukung penelitian ini berjumlah 97 responden dengan teknik penarikan sampel Non Probability Sampling (Purposive sampling). Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan teknik kolmogorov smirnov dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda linear dan korelasi pearson product moment menggunakan program SPSS 21.0.for windows. Hasil penelitian dengan teknik regresi berganda linearpada endorsement (X1) menunjukan nilai t hitung = 2,484 dengan nilai signifikansi 0,002< 0,05, berarti variabel Endorsement (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Omzet Penjualan (Y). Kemudian pada teknik regresi iii berganda linear Inovasi produk (X2) menunjukan nilai t hitung = 3,049 dengan nilai signifikansi 0,003< 0,05,berarti variabel Inovasi produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Omzet Penjualan (Y).Hasil Penelitian dengan teknik korelasi pearson product moment (r) menujukan bahwa korelasi antara Endorsement (X1)dan Inovasi Produk (X2) dengan Omzet penjualan sebesar 0,426. Berdasarkan interprestasi koefisien korelasi nilai r, maka 0,426termasuk tingkat hubungan ―Kuat― Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan kuat antara Endorsement (X1)dan Inovasi Produk (X2 dengan Omzet Penjualan.Selain itu, signifikansi antara variabel Endorsement (X1)dan Inovasi Produk (X2) dan variabel Omzet Penjualan (Y) adalah sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, maka nilai probabilitas 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas sign. Atau (0,05 ≥ 0,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan Endorsement dan inovasi produk mempunyai pengaruh sebesar 80,6% terhadap variabel Omzet Penjualan, sedangkan 19.4 % lainnya dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnyaq Kata Kunci : Endorsement, Inovasi Produk Omzet Penjualan, Usaha Online Shop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:55
Last Modified: 07 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item View Item