IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

YULIYANI, PRATIWI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen peserta didik merupakan suatu penataan dan pengaturan segala aktifits yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu madrasah atau lembaga pendidikan. Kegiatan manajemen peserta didik merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan di madrasah. Program-program kegiatan manajemen peserta didik yang diselenggarakan harus didasarkan kepada kepentingan, pertimbangan, dan peningkatan kemampuan peserta didik dalam bidang kognitif, efektif, dan psikomotor dan sesuai dengan keinginan, bakat, dan minat peserta didik. Impelementasi manajemen peserta didik di MIN 2 Bandar Lampung telah terlaksana sesuai dengan indikator. Namun semenjak pada masa pandemi covid 19 seleksi peserta didik yang digunakan hanya menggunakan seleksi administrasi dan sistem zonasi. Sehingga guru tidak dapat mengetahui karakteristik pribadi, kemampuan, dan bakat peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen peserta didik di MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan semua data yang diperoleh dari teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, kepala tata usaha dan wakil kesiswaan di MIN 2 Bandar Lampung. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi, dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Seleksi peserta didik di MIN 2 Bandar Lampung hanya menggunakan seleksi administrasi dan sistem zonasi. Tidak adanya seleksi tes berupa kemampuan atau prestasi peserta didik yang diterapkan. Kegiatan orientasi di MIN 2 Bandar Lampung tidak dilakukan secara tatap muka melainkan secara daring melalui video yang dibuat oleh iii madrasah untuk dapat dilihat oleh peserta didik baru. Pengelompokkan peserta didik di MIN 2 Bandar Lampung dikelompokkan berdasarkan torehan prestasi. Namun untuk kelas 1 peserta didik hanya dibagi berdasarkan jumlah peserta didik dibagi rata per kelas. Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:13
Last Modified: 07 Mar 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item