IMPLEMENTASI KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM AL – KARIM KEMILING BANDAR LAMPUNG

FEBRI, HARYANTO RAMADAN (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM AL – KARIM KEMILING BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa sebagai sistem simbol yang digunakan untuk membentuk pesan-pesan verbal yang mana diimplementasikan dengan perintah langsung dalam penanaman akhlak Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi komunikasi verbal dalam penanaman akhlak Islami pada anak di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Karim Kemiling Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah subjek penelitian yakni Kepala Sekolah dan seluruh guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Al Karim Kemiling Bandar Lampung yang berjumlah 15 orang, berdasarkan objek penelitian adalah implemtasi komunikasi verbal pada anak yakni anak berkisaran usian 6 – 7 tahun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas 1 dan guru kelas 2 yang berjumlah 5 orang guru. Dalam hal ini pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik total sampling yaitu semua individu dalam subjek menjadi sample dikarenakan jumlah populasi yang sedikit. Oleh karena itu penulis mengambil secara keseluruhan subjek yaitu yang terdiri Kepala Sekolah dan Guru Kelas 1 dan 2 yang berjumlah 6 orang. dan sumber data sekunder yakni data pendukung yang diperoleh secara tidak langsung biasanya sumber data dokumen, internet, video, jurnal, akripsi, buku-buku referensi ataupun situs-situs lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Temuan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa menunjukkan implementasi penggunaan komunikasi verbal memegang peranan yang penting dalam menanamkan kebiasaan/akhlak yang baik pada diri anak. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peranan guru yang mampu memilih bahasa verbal yang baik dan tepat serta konsisten mengaplikasikan setiap materi dalam kegiatan belajar di sekolah secara bertahap mampu memaksimalkan efek dari komunikasi itu sendiri, yakni dalam sisi kognitif, afektif, maupun behavioral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:49
Last Modified: 04 Mar 2022 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item