IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI BISNIS DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Pada Mafaza Fashion, Bandar Lampung )

ANITA, CICIH (2022) IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI BISNIS DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Pada Mafaza Fashion, Bandar Lampung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi media sosial instagram sebagai strategi bisnis ditengah pandemi virus corona dalam perspektif ekonomi Islam pada online shop Mafaza Fashion yang berada diantasari, Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan studi kasus, tujuan dalam hal ini yaitu dengan mengamati masyarakat yang membeli produk dari Mafaza Fashion apakah merasa puas dengan produk yang jualnya. Apalagi dengan menggunakan aplikasi media sosial instagram dalam proses pemasaran produk apakah dengan menggunakan aplikasi media sosial instagram dalam proses pemasaran sudah berjalan dengan baik atau tidak dan juga apakah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi islam dalam pemasaran produk mafaza fashion menggunakan aplikasi media sosial instagram dalam pemasaran produknya. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan kueisoner. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai Implementasi media sosial instagram sebagai strategi bisnis di tengah pandemi virus corona yang dilakukan oleh Mafaza Fashion. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi, sejarah berdirinya Mafaza Fashion. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi media sosial instagram sebagai strategi bisnis di tengah pandemi virus corona pada online shop Mafaza Fashion. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat di daerah Bandar Lampung menggunakan media sosial instagram dalam proses pembelian produk Mafaza Fashion sudah berjalan dengan baik apalagi di tengah pandemi virus corona ini yang mana semua kegiatan dilakukan secara online, terlihat dari hasil penjualan pertahunnya yaitu mengalami kenaikan.Promosi penjualan yang dilakukan oleh Mafaza Fashion antara lain dengan memberikan diskon atau penurunan harga, produk gratis, kupon, dan hadiah atau give away, dan alat yang terakhir yang dilakukan Mafaza Fashion publisitas dan hubungan masyarakat seperti membangun hubungan baik dengan konsumen dengan cara membangun komunitas sfs (shout for shout) untuk saling melakukan promosi silang dan juga kesepakatan dagang antara Ini salah satu strategi yang dilakukan oleh Mafaza Fashion dalam menjangkau pembelinya yaitu dengan menggunakan jejaring media sosial instagram dalam proses pemasaran produknya. Selain itu penjualan yang dilakukan oleh Mafaza Fashion ini juga sudah sesuai dengan anjuran Islam yaitu menekankan pada penjualan produk yang bersifat Sidiq, Fatonah, dan Tabliq. Kata kunci : Media Instagram, Strategi pemasaran, Ekonomi Islam ABSTRACT This study aims to describe the implementation of social media Instagram as a business strategy in the midst of the corona virus pandemic in an Islamic economic perspective at the online shop Mafaza Fashion located in Antasari, Bandar Lampung. This research is a research using case studies, the objective in this case is to observe whether people who buy products from Mafaza Fashion are satisfied with the products they sell. Moreover, by using the Instagram social media application in the product marketing process, whether using the Instagram social media application in the marketing process has gone well or not and also is it in accordance with the Islamic economic perspective in marketing Mafaza fashion products using the Instagram social media application in marketing its products. This study uses interview data collection techniques, documentation, and kueisoner. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of Instagram social media as a business strategy in the midst of the corona virus pandemic carried out by Mafaza Fashion. While secondary data in the form of theories and legal norms as well as other supporting data obtained from literature, documentation, the history of the establishment of Mafaza Fashion. All of these data are materials to describe how Instagram social media is implemented as a business strategy in the midst of the corona virus pandemic at the Mafaza Fashion online shop. The results show that people in the Bandar Lampung area use social media Instagram in the process of purchasing Mafaza Fashion products, especially in the midst of this corona virus pandemic where all activities are carried out online, it can be seen from the annual sales results that have increased. Sales promotions carried out by Mafaza Fashion include providing discounts or price reductions, free products, coupons, and gifts or giveaways, and the last tools that Mafaza Fashion do are publicity and public relations such as building good relationships with consumers by building the SFS community. (shout for shout) to cross-promote and trade agreements between each other. This is one of the strategies used by Mafaza Fashion in reaching buyers, namely by using the Instagram social media network in the process of marketing its products. In addition, the sales carried out by Mafaza Fashion are also in accordance with Islamic recommendations, namely emphasizing the sale of products that are Sidiq, Fatonah, and Tabliq. Keywords: Instagram media, Marketing strategy, Islamic economy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:31
Last Modified: 02 Mar 2022 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item