PENGARUH KONSEP KREATIF DENGAN UNSUR PARODI PADA TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN SERTA KONTINUITASNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada masyarakat Kota Bandar Lampung)

KIKI, MARISTIA (2022) PENGARUH KONSEP KREATIF DENGAN UNSUR PARODI PADA TAYANGAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN SERTA KONTINUITASNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada masyarakat Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab i dan 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI GABUNG KIKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi terhadap persepsi konsumen serta kontinuitasnya terhadap keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi berpengaruh terhadap persepsi konsumen, Apakah konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, Apakah persepsi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, Apakah konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui persepsi konsumen dan Bagaimana penerapan konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian melalui persepsi konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat Bandar Lampung. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik random sampling. Dengan jumlah populasi tidak diketahui yang dihitung menggunakan rumus sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa konsep kreatif dengan unsur parody pada tayangan iklan di televise secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui persepsi konsumen. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan pada variabel konsep kreatif dengan unsur parody pada tayangan iklan di televisi sebesar 0,000, pada variabel persepsi konsumen sebesar 0,006, dan pada variabel keputusan pembelian juga diperoleh signifikansi sebesar 0,000, yang artinya masing-masing variabel memiliki nilai signifikan < dari 0,05. Berdasarkan uji sobel test diperoleh hasil ada pengaruh langsung antara Konsep kreatif dengan unsur parodi pada iklan terhadap keputusan pembelian, pengaruhnya positif sebesar 0, 346. Sedangkan pengaruh tidak langsung antara Konsep kreatif dengan unsur parodi pada iklan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,06204. Kemudian berdasarkan Perspektif Islam diperoleh hasil konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televise menunjukan hasil bahwa iklan dengan unsur parody di televisi dikatakan belum sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Hal ini dikarenakan masih iii banyak iklan yang tidak menggunakan etika dalam periklanan. Banyak adegan yang tidak sesuai dengan agama islam dan tidak mendidik. Maka dapat disimpulkan bahwa konsep kreatif dengan unsur parodi pada tayangan iklan di televisi berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian dan juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui persepsi konsumen. sedangkan berdasarkan Perspektif Islam iklan dengan unsur parodi di televisi dikatakan belum sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Kata kunci: Iklan Parodi, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:06
Last Modified: 02 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item