PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF DALAMPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi penelitian pada Mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung)

RAMADHAN, ABIDILLAH (2022) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF DALAMPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi penelitian pada Mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 & 5, Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK .Globalisasi telah menjadi pengaruh yang luas terlebih pada perubahan perilaku dan sosial budaya sekarang. Salah satu kegiatan ekonomi yang dipengaruhi oleh globalisasi yakni dengan meningkatnya konsumsi masyarakat Indonesia hingga menciptakan peluang bagi para pengusaha dalam mengembangkan kegiatan usahanya. Tinggi nya konsumsi pada masyarakat mengakibatkan konsumen melakukan pembelian tanpa direncanakan, Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian ekonomi Islam menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu mengamati mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya hidup hedonism berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif dan bagaimana pandangan dalam perspektif Islam terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebesar 6383 mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 98 mahasiswa. Proses analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji T dan koefisien dterminan dengan gaya hidup hedonisme sebagai variabel independen (X) dan keputusan pembelian impulsif sebagai variabel dependen (Y). Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 23 dalam menguji hipotesis nilai didapat nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kepercayaan atau 0,01 < 0,05 dan jumlah hitungan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,616 > 1,984 serta bisa dipahami nilai koefisien dan konstanta bertanda positif. Penulis menyimpulkan jika ada pengaruh positif dan signifikan gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian impulsif pada mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung. Dari hasil skripsi ini juga dapat dipahami jika mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung dalam bergaya hidup hedonisme tidak bertentangan dengan nilai keislaman dikarenakan masih menerapkan nilai-nilai keislaman dalam memenuhi gaya hidup hedonisme. Mahasiswa juga paham apabila berlebih-lebihan itu tidak baik dibuktikan dengan dari kedua meteri yang disebar dengan kuesioner tak satupun tidak setuju apalagi sangat tidak setuju. Hasil penyebaran kuesioner terkait keputusan pembelian impulsif dalam iii perspektif ekonomi Islam, mahasiswa angkatan 2019 UIN Raden Intan Lampung dapat diketahui paham dengan nilai-nilai kegunaan dari barang yang ia akan beli dan Islam mengajarkan untuk membeli sesuatu seusai dengan keperluan serta paham akan nilai kegunaan. Hasil ini juga menunjukkan jika mahasiswa dalam penerapan keputusan pembelian impulsif masih dalam tahap menerapkan nilai�nilai keislaman. Kata kunci: Ekonomi Islam, Gaya Hidup Hedonisme, Keputusan Pembelian Impulsif iv ABSTRACT Globalization has become a broad influence, especially on changes in behavior and socio-culture now. One of the economic activities that is affected by globalization is the increasing consumption of the Indonesian people to create opportunities for entrepreneurs to develop their business activities. The high level of consumption in society results in consumers making unplanned purchases. This study aims to determine the effect of a hedonism lifestyle on impulsive purchasing decisions. This research is an Islamic economic research using a case study approach, which is observing the 2019 UIN Raden Intan Lampung students. The formulation of the problem in this study is whether the hedonism lifestyle affects impulsive buying decisions and how is the view in an Islamic perspective on impulsive buying decisions. This research uses quantitative methods. The data sources are primary and secondary data. Data collection techniques consisted of observation, interviews and questionnaires. The population in this study was 6383 students of class 2019 UIN Raden Intan Lampung and the sample used in the study was 98 students. The data analysis process uses simple linear regression analysis, T test and the coefficient of dependence with the hedonistic lifestyle as the independent variable (X) and impulsive purchasing decisions as the dependent variable (Y). From the results of calculations using SPSS 23 in testing the value hypothesis, it is found that the significance value is smaller than the confidence level or 0.01 < 0.05 and the number of t counts is greater than t table which is 2.616 > 1.984 and it can be understood that the coefficient and constant values are positive. The author concludes that if there is a positive and significant influence of a hedonistic lifestyle on impulsive buying decisions in the class of 2019 UIN Raden Intan Lampung students. From the results of this thesis, it can also be understood that the 2019 UIN Raden Intan Lampung students in a hedonistic lifestyle do not conflict with Islamic values because they still apply Islamic values in fulfilling a hedonistic lifestyle. Students also understand that exaggeration is not good, as evidenced by the two questionnaires v distributed by neither disagreeing nor strongly disagreeing. The results of distributing questionnaires related to impulsive buying decisions in the perspective of Islamic economics, students of the class of 2019 UIN Raden Intan Lampung can be seen to understand the usefulness values of the goods they are going to buy and Islam teaches to buy things according to their needs and understand the usefulness values. These results also show that students in implementing impulsive buying decisions are still in the stage of applying Islamic values. Keywords: Islamic Economics, Hedonism Lifestyle, Purchasing Decisions Impulsive

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:17
Last Modified: 01 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item View Item