ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT BERBELANJA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG BERDSARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DAFA, FATURACHMAN (2022) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT BERBELANJA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG BERDSARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DAFFA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

r Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian berjumlah 20.415 mahasisiswa aktif UIN Raden Intan Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode yang dipilih adalah random sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS 20. Hasil uji t variabel shopeepay, shopee paylater dan cash on delivery menunjukkan bahwa ketiga variabel X tersebut secara parsial berpengaruh terhadap minat berbelanja, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan h0 ditolak. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembayaran menggunakan shopeepay, shopee paylater, dan cash on delivery terhadap minat berbelanja, baik itu jika diuji secara parsial ataupun simultan. Saat ini dunia belanja online semakin kompetitif dalam bersaing mengenalkan layanan yang diberikan. Salah satu platform belanja online yang kini banyak digunakan oleh masyarakat terutama mahasiswa dari UIN Raden Intan Lampung yaitu aplikasi Shopee. Penawaran dalam sistem pembayaran ini lah yang menarik bagi mahasisiwa untuk menggunakan aplikasi Shopee yang mana sistem pembayaran yang ditawarkan berupa shopeepay, shopee paylater dan cash on delivery. Hal ini berbanding terbalik dengan penurunan pengguna pada pembayaran shopeepay tahun 2021 padahal aplikasi Shopee pada tahun itu menjadi aplikasi terpopuler, kemudian sistem pembayaran dengan bayar ditempat atau cash on delivery kalah saing dengan sistem pembayaran menggunakan dompet digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sistem pembayaran shopeepay berpengaruh terhadap minat berbelanja mahasisiwa UIN Raden Intan Lampung, apakah sistem pembayaran shopee paylater berpengaruh terhadap minat berbelanja mahasisiwa UIN Raden Intan Lampung, apakah sistem pembayaran cash on delivery berpengaruh terhadap minat berbelanja mahasisiwa UIN Raden Intan Lampung, apakah sistem pembayaran shopeepay, shopee paylater dan cash on delivery secara simultan berpengaruh terhadap minat berbelanja mahasisiwa UIN Raden Intan Lampung, bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap sistem pembayaran shopeepay, shopee paylater dan cash on delivery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembayaran menggunakan shopeepay, shopee paylater dan cash on delivery terhadap minat berbelanja berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian manajemen bisnis syariah dengan pendekatan kuantitatif Berdasarkan perspektif ekonomi islam, penggunaan shopee paylater untuk melakukan transaksi tidak sesuai dengan prinsip islam, Karena terdapat biaya tambahan. (riba) Kata Kunci: Cash on delivery, Ekonomi Islam, Minat Berbelanja, Shopeepay, Shopee PayLater

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:59
Last Modified: 01 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17841

Actions (login required)

View Item View Item