PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DAN SAMSUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DIYAH, ANGGRAENI (2022) PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DAN SAMSUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIYAH ANGGARENI SIAP CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin modern seperti sekarang ini banyak sekali jenis smartphone salah satunya yaitu oppo dan samsung. Suatu perusahaan dituntut untuk memiliki kepekaaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada pelanggan. Desain dan kualitas produk merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan suatu pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung?, Bagaimana desain produk dan kualitas produk yang diterapkan smartphone Oppo dan Samsung dalam perspektif Ekonomi Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung serta mendiskripsikannya dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden yang berada di Kota Bandar Lampung. Adapun tekhnik dalam penelitian ini menggunakan tekhnik acidental sampling Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, masing-masing smartphone sebanyak 50 responden. Untuk mengetahui pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian diberikan kuesioner pada masing-masing variabel. Hasil pengujian menunjukan bahwa desain dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji parsial (Uji T) pada variabel desain dan kualitas produk diperoleh nilai signifikan pada smartphone oppo maupun samsung, yang artinya pada variabel desain dan kualitas produk terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung. Kemudian pada persepsi masyarakat Kota Bandar Lampung menyatakan bahwa secara keseluruhan desain, kualitas produk dan keputusan pembelian yang diterapkan oleh perusahaan smartphone oppo dan samsung dalam perspektif ekonomi islam sudah cukup baik. Hal tersebut sesuai dengan konsep ekonomi islam. Berdasarkan analisis data maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa desain dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsng di Kota Bandar Lampung serta secara keseluruhan baik desain, kualitas produk dan keputusan pembelian telah sesuai dengan konsep ekonomi islam Kata Kunci: Desain, kualitas Produk, Keputusan Pembelian. iv ABSTRACT The development of increasingly modern technology, like today, there are many types of smartphones, one of which is Oppo and Samsung. A company is required to be sensitive to any changes that occur and to orientate to customers. Product design and quality are among the factors that consumers consider when making a purchase decision. The formulation of the problem in this study is whether there is an effect of design and product quality on the decision to purchase Oppo and Samsung smartphones in Bandar Lampung? How is the product design and product quality applied by Oppo and Samsung smartphones in the perspective of an Islamic economy? This study aims to determine the effect of design and product quality on purchasing decisions for Oppo and Samsung smartphones in the city of Bandar Lampung and to describe them in an Islamic economic perspective. This study used a data collection tool in the form of a questionnaire that was distributed to respondents in the city of Bandar Lampung. The techniques in this study using positive sampling techniques. With a sample size of 100 respondents, each smartphone as many as 50 respondents. To determine the effect of design and product quality on purchasing decisions, a questionnaire is given for each variable. The test results show that the design and product quality have a significant effect on purchasing decisions. Based on the partial test (T test), it was obtained a significant value on the Oppo smartphone of 0.006 and the Samsung smartphone of 0.002, which means that the significant value is <0.05. The product quality for the oppo smartphone purchasing decision is 0.033 and Samsung is 0.032, which means a significant value <0.05. Then the perception of the people of Bandar Lampung City states that the overall design, product quality and purchasing decisions implemented by the Oppo and Samsung smartphone companies from the perspective of the Islamic economy are good enough. This is in accordance with the concept of Islamic economics. Based on the data analysis, the researcher concluded that the design and product quality influenced the purchasing decisions of Oppo and Samsng smartphones in Bandar Lampung City and overall both the design, product quality and purchase decisions were in accordance with the Islamic economic concept. Keywords: Design, Product quality, Purchasing Decision.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:47
Last Modified: 01 Mar 2022 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item