PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN ISLAM (Studi Perbandingan Konsumen Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic Bandar Lampung dan Klinik Kecantikan Erha Bandar Lampung)

DEVI, LESTARI (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN ISLAM (Studi Perbandingan Konsumen Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic Bandar Lampung dan Klinik Kecantikan Erha Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FIKS CETAK SKRIPSI DEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada perkembangan zaman dan teknologi membuat persaingan bisnis semakin maju. Hal itu menjadi sebuah peluang untuk mengenalkan dan mempertahankan produk. Banyaknya produk sejenis yang menjadikan strategi agar memudahkan konsumen dalam memilih produk yang dicari. Dengan berkembangnya konsumen maka keinginan konsumen pun ikut berkembang di mana pembelian suatu produk tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan melainkan juga menjadi sebuah keinginan. Keinginan konsumen tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja melainkan juga masalah penampilan fisik khususnya pada wajah yang merupakan kecantikan yang menjadi prioritas utama bagi penggunanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah kualitas produk, fitur produk, desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian? kemudian apakah kualitas produk, fitur produk, desain produk berpengaruh positif dan sigifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic dan Klinik Kecantikan Erha Bandar Lampung dalam perspektif manajemen islam? Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, fitur produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik serta mendeskripsikan dalam perspektif manajemen islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yaitu metode penelitian untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Adapun teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan pengambilan teknik Accidental Sampling. Dan metode pengumpulan data ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang masing masing sebanyak 50 responden dan wawancara dengan pihak Klinik Kecantikan. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic dengan nilai signifikan 0,014<0,05 dan Klinik Kecantikan Erha dengan nilai signifikan 0,025 <0,05. Sedangkan fitur produk di Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic dengan nilai signifikan 0,030<0,05 dan Klinik Kecantikan Erha dengan nilai signifikan 0,011 signifikan <0,05. Serta desain produk di Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic dengan nilai signifikan 0,034<0,05 dan Klinik Kecantikan Erha dengan nilai signifikan 0,017<0,05. Berdasarkan analisis data bahwa kesimpulan kualitas produk, fitur produk, serta desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Klinik Kecantikan Kartika Aesthetic dan Klinik Kecantikan Erha di Bandar Lampung dalam perspektif manajemen islam. Kata kunci : Kualitas Produk, Fitur Produk, Desain Produk, Keputusan Pembelian. iv ABSTRACT In the times and technology makes business competition more advanced. It becomes an opportunity to introduce and maintain the product. The number of similar products makes a strategy to make it easier for consumers to choose the product they are looking for. With the development of consumers, consumer desires also develop where the purchase of a product is no longer a need but also a desire. The desire of consumers is not only to meet basic needs but also to problems with physical appearance, especially on the face, which is a beauty that is a top priority for users. The formulation of the problem in this research is whether product quality, product features, product design have a positive and significant effect on purchasing decisions? Then do product quality, product features, product design have a positive and significant effect on purchasing decisions for cosmetic products at the Kartika Aesthetic Beauty Clinic and Erha Bandar Lampung Beauty Clinic in an Islamic management perspective? This study aims to determine the effect of product quality, product features and product design on purchasing decisions for cosmetic products and to describe it in an Islamic management perspective. This research uses descriptive quantitative method, which is a research method to examine a particular population or sample in order to test the hypothesis that has been set. The data collection techniques in the form of questionnaires and interviews. Sampling in this study by taking the Accidental Sampling technique. And this data collection method using a questionnaire given to 100 respondents each of 50 respondents and interviews with the Beauty Clinic. The results of this test indicate that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions at the Kartika Aesthetic Beauty Clinic with a significant value of 0.014 <0.05 and the Erha Beauty Clinic with a significant value of 0.025 <0.05. Meanwhile, the product features at the Kartika Aesthetic Beauty Clinic with a significant value of 0.030 <0.05 and the Erha Beauty Clinic with a significant value of 0.011 with a significant value <0.05. As well as product design at the Kartika Aesthetic Beauty Clinic with a significant value of 0.034 <0.05 and the Erha Beauty Clinic with a significant value of 0.017 <0.05. Based on data analysis, the conclusion of product quality, product features, and product design affects the purchasing decisions of cosmetic products at the Kartika Aesthetic Beauty Clinic and Erha Beauty Clinic in Bandar Lampung from an Islamic management perspective. Keywords: Product Quality, Product Features, Product Design, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:16
Last Modified: 01 Mar 2022 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item View Item