PENGARUH KOMPENSASI, HUBUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP LOYALITAS PENGEMUDI GOJEK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengemudi PT. Gojek Cabang Bandar Lampung)

TIA, MEILANI (2022) PENGARUH KOMPENSASI, HUBUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP LOYALITAS PENGEMUDI GOJEK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengemudi PT. Gojek Cabang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kehadiran ojek berbasis teknologi informasi atau sering disebut dengan ojek online adalah sebagai sarana transportasi umum informal roda dua merupakan salah satu jawaban dari solusi tepat dan cerdas tersebut, terutama dari keunggulannya dalam hal harga yang murah, kemudahan akses dan kecepatan mobilisasi di jalan-jalan yang padat kendaraan terutama pada jam-jam sibuk. Salah Satunya ialah Go-Jek, Gojek merupakan perusahaan indusrti transportasi Ojek berbasis online. Keloyalitasan maupun ketidak loyalitasan pengemudi Gojek menjadi topic yang akan dibahas karena dengan adanya kompensasi, hubungan kerja dan motivasi dapat berdampak baik untuk kedua belah pihak dapat terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan. Jika hubungan kerja terjalin dengan baik maka pekerjaan yang di lakukan akan terasa bahagia. Jika kinerja yang dilakukan pengemudi di berikan apresiasi seperti penambahan insentif dan dapat memotivasi itu akan sangat puas atau senang, kemudian akan melakukan perkerjaan nya dengan semangat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kompensasi, hubungan kerja, dan motivasi terhadap loyalitas pengemudi Gojek. Diantara tujuan tersebut ialah untuk mengetahui pengaruh loyalitas pengemudi Gojek . penelitian ini juga untuk mengetahui dan menganalisa perspektif ekonomi islam terhadap kompensasi, hubungan kerja dan motivasi pengemudi Gojek. Penelitian ini menggunakan pengemudi PT Gojek cabang Bandar Lampung sebagai objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah pengemudi Gojek cabang Bandar Lampung sebanyak 50 responden menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas nya. Uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji autokolerasi. Uji hipotesis ini menggunakan uji linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji F, dan uji T. Berdasarkan hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas iii pengemudi Gojek. Hubungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengemudi Gojek. Dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengemudi Gojek. Berdasarkan analisis data. adapun pada hasil koefisien determinasi (R2) bahwa pengaruh kompensasi, hubungan kerja dan motivasi terhadap loyalitas pengemudi Gojek sebesar 33,1% dan sisanya 66,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi, hubungan kerja dan motivasi terhadap loyalitas pengemudi Gojek dalam persepektif Islam dapat dikatakan telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu: profesional, sopan dan ramah,jujur, dan bertanggung jawab Kata Kunci : Kompensasi, Hubungan Kerja, Motivasi, Loyalitas Pengemudi iv ABSTRACT The presence of information technology-based ojeg orojek online as a means of informal two-wheeled public transportation is one of the answers to the right and smart solution, especially from its advantages in terms of low prices, easy access and speed of mobilization on roads that are accessible to you. overcrowded vehicles especially during rush hour. One of them is Go-Jek, Gojek is an-based Ojek transportation industry company online. Loyalty and disloyalty to Gojek drivers are topics to be discussed because with compensation, work relations and motivation can have a good impact on both parties, good and mutually beneficial cooperation can be established. If the work relationship is well established, the work that is done will be happy. If the performance of the driver is given appreciation, such as additional incentives and can motivate it, they will be very satisfied or happy, then they will do the job with enthusiasm. The purpose of this study was to determine the effect of compensation, work relations, and motivation on Gojek driver loyalty. Among these objectives is to determine the effect of Gojek driver loyalty. This study is also to determine and analyze the Islamic economic perspective on compensation, work relations and motivation of Gojek drivers. This study uses the driver of PT Gojek, Bandar Lampung branch, as the object of research. This research is a quantitative research with a survey method. The study population was 50 Gojek drivers for the Bandar Lampung branch using themethod accidental sampling. The data collection method uses a questionnaire method that has been tested for its validity and reliability. Analysis prerequisite test using normality test, multicollinearity test, and autocoleration test. This hypothesis test uses multiple linear tests, the coefficient of determination (R2), the F test, and the T test. Based on the results of this study, it shows that compensation has a positive and significant effect on Gojek driver loyalty. Work relations have a positive and significant effect on Gojek driver loyalty. And motivation has a positive and significant effect on Gojek driver loyalty. Based on data analysis. As for the v results of the coefficient of determination (R2) that the effect of compensation, work relations and motivation on Gojek driver loyalty is 33.1% and the remaining 66.9% is influenced by other variables not found in this study. And the results of this study indicate that compensation, work relations and motivation for Gojek driver loyalty in an Islamic perspective can be said to be in accordance with the principles of Islamic economics, namely: professional, polite and friendly, honest, and responsible Keywords: Compensation, Work Relationship, Motivation, Driver Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:18
Last Modified: 25 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item