Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika.

IIS SOVIANI, IIS SOVIANI and ANTOMI SAREGAR, ANTOMI SAREGAR and SRI LATIFAH, SRI LATIFAH (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model problem based instruction dan mind mapping memberikan hasil belajar yang baik (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika pada peserta didik yang memiliki pemahaman konsep tinggi, dan rendah, (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan pemahaman konsep terhadap hasil belajar. (4) model pembelajaran manakah yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Cintamulya Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 3 kelas, kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen1, X MIPA2 sebagai kelas eksperimen2 dan kelas X MIPA3 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan, dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas. Dari analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa >α yaitu 0,308>0,05, Kemudian keefektifan diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 0,5 kemudian hasil ini di interpretasikan dengan menggunakan tabel effect size diperoleh bahwa model PBI dan Mind Mapping ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebanyak 69%. diperoleh kesimpulan (1) Model problem based intruction dan mind mapping memberikan hasil belajar yang baik (2) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara pemahaman konsep tinggi, dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan pemahaman konsep terhadap hasil belajar. (4) model PBI dan mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Model problem based intruction dan Mind Mapping, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:05
Last Modified: 31 Oct 2017 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item