PENGARUH IKLAN PRIME TIME DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Study Pada Mahasiswa/I FEBI Angkatan Tahun 2018/2019)

MARESA, CAHYA NETA (2022) PENGARUH IKLAN PRIME TIME DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Study Pada Mahasiswa/I FEBI Angkatan Tahun 2018/2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS OK.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Maresa Finish.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di indonesia Saat ini mulai banyak bemunculan marketplace-marketplace merupakan portal bisnis dalam e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk kebutuhan sehari hari seperti elektronik, perlengkapan rumah tangga, produk kecantikan, pakaian, perlengkapan olahraga, buku, dan lain-lain. Dari semua kemudahan belanja online yang diperoleh konsumen, faktor yang menetukan keberhasilan penerapan bisnis khususnya penjualan secara online adalah minat konsumen untu belanja online yang dimualai dari pencarian informasi, membandingkan alternatif yang ada dan pada akhirnya pengambilan keputusan. Shopee merupakan situs jual beli atau marketplace online yang khusus menyediakan transaksi jual beli. Dalam memasarkan atau mengenalkan Aplikasi Shopee pihak shopee bekerja sama dengan iklan televisi, Iklan sering muncul di media sosial internet atau online. Begitu pula dengan masyarakat, ketika melihat iklan Shopee di media online banyak konsumen yang tertarik dan melakukan transaksi jual beli. Berdasarkan Platform E-Commerce Favorit Di Indonesia yang bersumber dari Shopback di dalam indotelko, Shopee menjadi pilihan utama masyarakat untuk berbelanja online yaitu sekitar 32%. setelah itu Rokopedia (26%) Lazada (21%), Mataharimall (10%), dan Zalora 4%, Shopee menduduki peringkat pertama yang menjadi pilihan pertama masyarakat dalam berbelanja karena shopee dinilai memberikan banyak keunggulan dibandingkan online shop yang lainnya dimana salah satu kelebihannya yaitu terdapat banyak promo menarik seperti harga yang relatif murah dan banyaknya kupon diskon, potongan ongkir seluruh indonesia dan yang terbaru fitur bayar ditempat sehingga menarik banyak minat konsumen dibandingkan online shop lainnya. Selain menggunakan tehnik iklan Shopee juga menggunakan tehnik E-Wom (Electronic Word Of Mouth, Yang mana merupakan cara yang merupakan media konsumen mendapat kesempatan untuk bertukar pikiran maupun informational mengenai pengalaman mereka tentang suatu produk yang pernah digunakan. Selain itu , menjadi ajang untuk memberikan penialaian ataupun saran atas produk maupun merk dengan menggunakan platform media sosial maupun situs tinjauan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Iklan Prime Time dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) berpengaruh secara persial terhadap minat beli konsumen di aplikasi Shopee?, dan Bagaimana Iklan Prime Time dan E-wom (Electronic Word Of Mouth) dan Minat beli konsumen dalam Perspektif bisnis syariah ? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Iklan Prime Time dan E-Wom Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Febi UIN Raden Intan Lampung, Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa fakultas Febi Angkatan tahun 2018/2019 dengan sampel 96 orang mahasiswa yang menggunakan aplikasi shopee dalam satu tahun terakhir dan pengambilan sample menggunakan teknik simpel random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang diuji validitas iii dan reabilitas, Teknik analisis menggunakan uji instrumen penelitian, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji T, dan uji F, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner.Data diolah dengan menggunakan software SPSS20 dan Microsoft excel 2010. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa iklan prime time dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap minat beli konsumen shopee pada Mahasiswa FEBI UIN RIL Angkatan tahun 2018/2019. secara parsial, Iklan Primetime berpengaruh terhadap minat beli di Shopee dan Electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat beli di Shopee pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung. hasil penelitian menujukan bahwa semakin baik penayangan iklan primetime dan semakin baik electronic word of mouth yang yang diterima oleh toko online Shopee maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. pada prakteknya e-wom iklan primetime dan minat beli pada mahasiswa dalam Islam telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam Berdasarkan hasil penelitian pada saat melakukan pembelian mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung telah melakukan Prinsip konsumsi yang sesuai dengan Prinsip syariah dengan memperhatikan bentuk konsumsi (tidak mengkonsusmi hal yang dilarang syariat) memperhatikan prinsip kuantitas (sederhana, tidak bersikap hedon),prinsip prioritas dan prinsip moralitas. Kata kunci : Iklan Primetime, Electronic Word of mouth, minat beli konsumen. iv ABSTRACT In Indonesia, marketplaces are starting to appear, which are business portals in e�commerce that offer various types of daily necessities such as electronics, household goods, beauty products, clothing, sports equipment, books, and others. Of all the conveniences of online shopping obtained by consumers, the factor that determines the success of business implementation, especially online sales is consumer interest in online shopping which starts from searching for information, comparing existing alternatives and finally making decisions. Shopee is a buying and selling site or online marketplace that specifically provides buying and selling transactions. In marketing or introducing the Shopee Application, shopee cooperates with television advertisements, advertisements often appear on internet or online social media. Likewise with the public, when they see Shopee's advertisements in online media, many consumers are interested and make buying and selling transactions. Based on the Favorite E�Commerce Platform in Indonesia sourced from Shopback within indotelko, Shopee is the main choice for people to shop online, which is around 32%. after that Rokopedia (26%) Lazada (21%), Mataharimall (10%), and Zalora 4%, Shopee was ranked first which became the first choice of people in shopping because shopee was considered to provide many advantages compared to other online shops where one of the advantages namely there are many attractive promos such as relatively cheap prices and many discount coupons, shipping discounts throughout Indonesia and the latest is the pay-in-place feature so that it attracts a lot of consumer interest compared to other online shops. In addition to using advertising techniques, Shopee also uses the E-Wom (Electronic Word Of Mouth) technique, which is a way where consumers get the opportunity to exchange ideas and information about their experiences about a product that has been used. In addition, it is a place to give an assessment. or advice on products or brands using social media platforms or consumer review sites. The formulation of the problem in this study is whether Prime Time and E-Wom (Electronic Word Of Mouth) advertisinh have a partial effect on consumer buying interest in the Shopee application ? and How about Prime time and E-Wom (Electronic Word Of Mouth) and consumer buying interest in a sharia business perspective. This study aims to determine the effect of Prime Time and E-Wom Advertising on Shopee Consumer Purchase Interest in Faculty of Febi UIN Raden Intan Lampung Students. The population in this study were Architectural Students in February 2018/2019 with 96 students using the Shopee application in the past year. and sampling using simple random sampling technique. This study uses a quantitative approach with the type of field research, the data collection technique in this study uses a questionnaire that is tested for validity and reliability, the analysis v technique uses research instruments, multiple linear regression, classical assumption test, T test, and F test, the data used in the study This is primary data obtained from distributing questionnaires. The data were processed using SPSS20 software and Microsoft Excel 2010. The results of the study simultaneously show that prime time and e-wom advertising have a positive and significant effect on shopee consumer buying interest in the 2018/2019 FEBI UIN RIL Students. Partially, Primetime Advertising has an effect on buying interest at Shopee and Electronic word of mouth has an effect on buying interest at Shopee in FEBI UIN Raden Intan Lampung students. The results of the study show that the better primetime advertising and the better electronic word of mouth received by the Shopee online store, the greater the influence on consumer buying interest. In practice, primetime advertising e-WOM and student buying interest in Islam are in accordance with Islamic economic principles. prohibited by Shari'a) pay attention to the principle of quantity (simple, not paying attention to hedon), the principle of priority and the principle of morality. Keywords: Primetime advertising, Electronic word of mouth, consumer buying interest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:19
Last Modified: 21 Feb 2022 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item