PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Tokopedia Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

ADITYA, SASABILA AKBAR (2022) PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Tokopedia Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskrisikan tentang gaya hidup selalu mengalami perubahan sering berkembangan zaman. Kehidupan yang semakin medern membawa manusia pada pola perilaku yang unik, yang membedakan individu satu dengan individu lain dalam persoalan gaya hidup. Bagi sebagian orang gaya hidup merupakan suatu hal yang penting karena dianggap sebagai sebuah bentuk ekspresi diri. Mahasiswa yang digolongkan remaja menemukan adanya pergaulan masyarakat kota besar yang mengaruh pada pemenuhan kebutuhan hidip. Kebiasanya remaja yang memiliki kecenderungan gaya hidup hedonis biasanya cenderung kepada memenuhi keinginan dan akan berusaha agar sesuai dengan status sosial, Melalui gaya hidup yang tercermin dengan simbol-simbol tertentu, seperti jajanan, merek dan segala sesuatu yang berhubungan serta dapat menunjukan tingkat status sosial yang tinggi. Hal ini membawa mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalui google form kepada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5003 mahasiswa aktif UIN Raden Intan Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan cara non probability sampling dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diskon dan gratis ongkos kirim berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Dan pandangan ekonomi islam perilaku konsumsi mahasiswa UIN Raden Intan Lampung belum sepenuhnya sesuai dengan ajaran Islam, hal ini dilihat berdasarkan data responden yang sebagian besar menetujui bahwa perilaku konsumtif dalam dirinya ketika berbelanja sesuatu produk adalah karena ingin mencapai kesenangan dan kepuasan semata. Kata Kunci: Diskon, Gratis Ongkos Kirim, Islam, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:40
Last Modified: 18 Feb 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item